PERANCANGAN UI/UX SPEAKLIVE MOBILE EDUCATION TECHNOLOGY PADA PT. BARA LINGUA MAHAYANA

Barus, Jusita Fidelia (2023) PERANCANGAN UI/UX SPEAKLIVE MOBILE EDUCATION TECHNOLOGY PADA PT. BARA LINGUA MAHAYANA. Diploma thesis, Politeknik Negeri Media Kreatif.

[thumbnail of PERANCANGAN UI/UX SPEAKLIVE MOBILE EDUCATION TECHNOLOGY PADA PT. BARA LINGUA MAHAYANA] Text (PERANCANGAN UI/UX SPEAKLIVE MOBILE EDUCATION TECHNOLOGY PADA PT. BARA LINGUA MAHAYANA)
Tugas Akhir.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK
Karya perancangan ini adalah karya original yang berfokus pada 11 tampilan frame ui/ux aplikasi Speaklive pada PT. Bara Lingua Mahayana yang mana saat ini perusahaan tersebut membutuhkan aplikasi mobile guna mendukung perkembangan bisnisnya. Tujuan dari setiap tahapan ini adalah menciptakan
desain UI/UX yang baik sebelum tim IT melanjutkan pengembangan menjadi aplikasi jadi yang dapat diakses di handphone. Tinjauan pustaka yang diterapkan
pada laporan tugas akhir ini menerapkan terori faktor external dari maula yang menjelaskan bahwa pembuatan aplikasi membantu perusahaan untuk berkembang serta mengikuti perkembangan teknologi. Perancangan UI/UX aplikasi mobile Speaklive menggunakan metode kualitatif yaitu studi kepustakaan, wawancara, dan studi kompetitor. Tahapan perancangan ini mencakup pra produksi, produksi, dan pasca produksi. Langkah-langkah tambahan dilakukan pada setiap tahapan yaitu pra produksi melibatkan konsep perancangan, persiapan aplikasi, serta pembuatan site map dan user flow menggunakan whimsical. Lalu pada tahap produksi mencakup sketsa manual wireframe, digitalisasi wireframe, dan
digitalisasi desain menggunakan figma. Pasca produksi melibatkan evaluasi kekurangan UI/UX melalui prototyping menggunakan figma. Hasil akhir dari perancangan ini berupa prototyping melalui aplikasi figma serta katalog. Simpulan pada laporan ini adalah dapat memberikan pengalaman yang baik kepada setiap pengguna yang diharapkan dapat digunakan pengguna di mana saja dan kapan saja.

Kata Kunci : User Interface, User Experience, Figma

ABSTRACT
This design work is an original work that focuses on 11 ui/ux frame displays for the Speaklive application at PT. Bara Lingua Mahayana, which currently the company requires a mobile application to support its business development. According to Maula, external factors such as making applications help companies to develop and keep abreast of technological developments. The UI/UX design of the Speaklive mobile application uses qualitative methods, namely literature studies, interviews, and competitor studies. This design stage includes preproduction, production, and post-production. Additional steps are carried out at each stage, namely pre-production involving design concepts, application preparation, and site map creation and user flow using whimsical. Then the production stage includes manual wireframe sketches, wireframe digitization, and design digitization using figma. Post-production involves evaluating UI/UX deficiencies through prototyping using figma. The end result of this design is in
the form of prototyping through figma applications and catalogs. The goal of each of these stages is to create a good UI/UX design before the IT team continues developing it into a finished application that can be accessed on mobile phones, so that in the future it can provide a good experience for every user that users can hopefully use anywhere and anytime.

Keywords: User Interface, User Experience, Figma

Item Type: Thesis (Diploma)
Additional Information: Komda Saharja, S.Kom, M.Pd Siti Aisyah, S.Pd, M.Si
Uncontrolled Keywords: User Interface, User Experience, Figma
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LT Textbooks
T Technology > T Technology (General)
Divisions: Polimedia Medan > Prodi Desain Grafis
Depositing User: Jusita Fidelia Barus
Date Deposited: 15 Sep 2023 07:49
Last Modified: 15 Sep 2023 07:49
URI: http://repository.polimedia.ac.id/id/eprint/6824

Actions (login required)

View Item
View Item