PENGENALAN HEWAN PELIHARAAN PADA ANAK USIA DINI MENGGUNAKAN AUGMENTED REALITY BERBASIS ANDROID

Apriwanta Tarigan, Agriva (2023) PENGENALAN HEWAN PELIHARAAN PADA ANAK USIA DINI MENGGUNAKAN AUGMENTED REALITY BERBASIS ANDROID. Diploma thesis, Politeknik Negeri Media Kreatif.

[thumbnail of PENGENALAN HEWAN PELIHARAAN  PADA ANAK USIA DINI MENGGUNAKAN  AUGMENTED REALITY BERBASIS ANDROID] Text (PENGENALAN HEWAN PELIHARAAN PADA ANAK USIA DINI MENGGUNAKAN AUGMENTED REALITY BERBASIS ANDROID)
Agriva Apriwanta Tarigan.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (1MB)

Abstract

Introduction to pets that are given to early childhood so far generally still use books or pictures that limit the interaction between children and animals. The purpose of this research is to make a new innovation in developing learning media. Through augmented reality that will attract early childhood interest and enthusiasm about pets. By using augmented reality, early childhood can interact directly with pets so that through Android-based augmented reality creates a unique and enthralling experience. The application used in this study is the Augmented Reality (AR) application for pets that applies Augmented Reality (AR) technology so that pets can be visualized in real terms. The results of the study show that the use of pet Augmented Reality (AR) applications can help early childhood to get to know pets and increase student learning motivation because they can provide meaningful experiences for students. Also helps in the introduction of pets in early childhood . Keyword: Introduction, Pets, Early Childhood, Augmented Reality, Android

Pengenalan hewan peliharaan yang diberikan untuk anak usia dini selama ini umumnya masih menggunakan buku ataupun gambar yang membuat interaksi anak dan hewan sebatas itu. Tujuan penelitian ini dilakukan dimaksudkan agar membuat suatu inovasi baru dalam mengembangkan media pembelajaran. Melalui augmented reality yang akan menarik minat dan antusias anak usia dini mengenal hewan peliharaan. Dengan menggunakan augmented reality, anak usia dini dapat berinteraksi langsung dengan hewan peliharaan sehingga melalui augmented reality berbasis android menciptakan pengalaman yang unik dan memikat. Aplikasi yang digunakan dalam penelitian ini yaitu aplikasi Augmented Reality (AR) hewan peliharaan yang menerapkan teknologi Augmented Reality (AR) sehingga hewan peliharaan dapat divisualisasikan secara nyata. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan aplikasi Augmented Reality (AR) hewan peliharaan dapat membantu anak usia dini untuk mengenal hewan peliharaan dan meningkatkan motivasi belajar siswa karena dapat memberikan pengalaman bermakna bagi siswa. Juga membantu dalam pengenalan hewan peliharan pada anak usia dini.
Kata Kunci: Pengenalan, Hewan peliharaan, Anak Usia Dini,Android, Augmented Reality

Item Type: Thesis (Diploma)
Additional Information: 1.Suhendra ST.M.Kom 2.Siti Aisyah, S.Pd., M.Si
Uncontrolled Keywords: Pengenalan, Hewan peliharaan, Anak Usia Dini,Android, Augmented Reality
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
L Education > L Education (General)
T Technology > T Technology (General)
Divisions: Polimedia Medan > Prodi Multimedia
Depositing User: AGRIVA APRIWANTA TARIGAN
Date Deposited: 15 Sep 2023 07:53
Last Modified: 15 Sep 2023 07:53
URI: http://repository.polimedia.ac.id/id/eprint/6825

Actions (login required)

View Item
View Item