PERANCANGAN APLIKASI DESAIN INTERIOR BERBASIS AUGMENTED REALITY PADA TOKO MEBEL JEPARA JUMBO

Panjaitan, Jonathan David Anugrah (2023) PERANCANGAN APLIKASI DESAIN INTERIOR BERBASIS AUGMENTED REALITY PADA TOKO MEBEL JEPARA JUMBO. Diploma thesis, Politeknik Negeri Media Kreatif.

[thumbnail of PERANCANGAN APLIKASI DESAIN INTERIOR  BERBASIS AUGMENTED REALITY PADA  TOKO MEBEL JEPARA JUMBO] Text (PERANCANGAN APLIKASI DESAIN INTERIOR BERBASIS AUGMENTED REALITY PADA TOKO MEBEL JEPARA JUMBO)
Preliminary Tugas Akhir Jonathan Panjaitan.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (1MB)

Abstract

ABSTRACT
The final object assignment in this report is an Augmented Reality-Based Interior Design Application that can be used to simulate or visualize 3D furniture or furniture objects from the Jepara Jumbo Furniture Store virtually using an Android-based smartphone. The level of efficiency and effectiveness of using augmented reality-based interior design applications is increasing because it can simulate or visualize 3D furniture or Jepara Jumbo Store furniture regardless of the location and situation. The purpose of Designing an Augmented Reality-Based Interior Design Application at the Jepara Jumbo Furniture Store is to provide benefits for Jepara Jumbo Furniture Shop owners to be able to develop their business even more with the help of Augmented Reality technology. Augmented reality will help consumers of the Jepara Jumbo Furniture Store because it can simulate furniture objects at the Jepara Jumbo Store directly wherever they are, so they can make good decisions according to interior design needs. The research method used in this case is by using interviews, observation and literature study. The results of the study show that the use of Augmented reality applications can help consumers design interiors..

ABSTRAK
Objek Tugas Akhir pada laporan ini adalah sebuah Aplikasi Desain Interior Berbasis Augmented Reality yang dapat digunakan untuk menyimulasikan atau memvisualisasikan objek 3D mebel atau furnitur dari Toko Mebel Jepara Jumbo secara virtual dengan menggunakan smartphone berbasis android. Tingkat efisien dan efektivitas dari penggunaan aplikasi desain interior berbasis augmented reality meningkat karena dapat menyimulasikan atau memvisualisasikan benda objek 3D Mebel atau furnitur Toko Jepara Jumbo bagaimanapun lokasi dan situasinya. Tujuan dari Perancangan Aplikasi Desain Interior Berbasis Augmented reality Pada Toko Mebel Jepara Jumbo adalah untuk memberikan manfaat bagi pemilik Toko Mebel Jepara Jumbo untuk bisa mengembangkan usahanya lebih lagi dengan bantuan teknologi Augmented Reality. Augmented reality akan membantu konsumen Toko Mebel Jepara Jumbo karena dapat menyimulasikan benda Mebel di Toko Jepara Jumbo secara langsung di mana pun berada, sehingga dapat membuat keputusan yang baik sesuai dengan kebutuhan desain interior. Metode penelitian yang digunakan dalam hal ini dengan menggunakan metode wawancara, observasi dan studi pustaka. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan Aplikasi Augmented reality dapat membantu konsumen mendesain interior.

Item Type: Thesis (Diploma)
Additional Information: 1. Pembimbing I Suhendra, ST., M.Kom 2. Pembimbing II Siti Aisyah, S.Pd., M.Si
Uncontrolled Keywords: Keywords: Design, Interior Design, Unity 3D, Augmented Reality Kata Kunci: Perancangan, Desain Interior, Unity 3D, Augmented Reality
Subjects: T Technology > T Technology (General)
T Technology > TD Environmental technology. Sanitary engineering
Divisions: Polimedia Medan > Prodi Multimedia
Depositing User: Jonathan David Anugrah Panjaitan
Date Deposited: 27 Sep 2023 06:35
Last Modified: 27 Sep 2023 06:35
URI: http://repository.polimedia.ac.id/id/eprint/6984

Actions (login required)

View Item
View Item