Pengaruh Kualitas Pelayanan Departemen Front Office Terhadap Kepuasan Tamu di Aston Simatupang

Hanifah, Abu (2023) Pengaruh Kualitas Pelayanan Departemen Front Office Terhadap Kepuasan Tamu di Aston Simatupang. Diploma thesis, Politeknik Negeri Media Kreatif.

[thumbnail of Pengaruh Kualitas Pelayanan Departemen Front Office Terhadap Kepuasan Tamu di Aston Simatupang] Text (Pengaruh Kualitas Pelayanan Departemen Front Office Terhadap Kepuasan Tamu di Aston Simatupang)
PENGARUH KUALITAS PELAYANAN PADA DEPARTEMENT FRONT OFFICE TERHADAP KEPUASAN TAMU DI ASTON SIMATUPANG-1-12.pdf

Download (1MB)

Abstract

This study aims to determine the effect of service quality on the Front Office department on guest satisfaction at the Aston Simatupang hotel located in South Jakarta. In this study using questionnaires and documentation, namely on primary and secondary data. Questionnaires were distributed to 101 people who stayed and visited the Aston Simatupang Hotel. In simple linear regression analysis, analysis of the coefficient of determination, and the significance test of the partial effect were used to analyze the data
In this study, the results of the regression analysis were obtained from the equation y = 0.670 + 0.149x, in this equation it can be interpreted that if there is no service quality, guest satisfaction is worth 0.670, whereas at each increase in service quality by 1%, then guest satisfaction will also increase of 0.149. For the analysis of the coefficient of determination, it is obtained at 37.2% which can be interpreted as the influence of the service quality variable on guest satisfaction which is 37.2% and the rest is influenced by other causes which were not examined in this study. In the results of the partial effect significance test, it was obtained that t count was 7.84210, this figure was greater than t table with a significance of 5% and df = N, which was 1.66008. If t count (7.84210> 1.66008) t table then it can be said that Ho is not accepted, based on these results it can be concluded that the service quality of the Front Office department affects guest satisfaction.

Pada penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan terhadap departemen Front Office terhdapat kepuasan tamu di hotel aston simatupang yang berlokasi di Jakarta Selatan Pada penelitian ini menggunakan kuesioner dan dokumentasi yaitu pada data primer dan sekunder. Kuesioner dibagikan kepada 101 orang yang menginap dan berkunjung di Hotel Aston Simatupang. Pada analisis uji Normalitas, regresi linear sederhana, analisis koefisien korelasi dan koefisien determinasi, dan uji siginifikansi pengaruh parsial digunakan untuk menganalisis data
Pada penelitian ini hasil analisis regresi diperoleh dari persamaan y = 0,670 + 0,149x pada persamaan tersebut bisa diartikan bahwa jika tidak ada kualitas pelayanan maka kepuasan tamu bernilai sebesar 0,670, sedangkan pada setiap peningkatan kualitas pelayanan sebesar 1%, maka kepuasan tamu juga akan semakin meningkat sebesar 0,149. Guna analisis pada koefisien determinasi diperoleh sebesar 37,2% bisa di artikan pada pengaruh variabel kualitas pelayanan terhadap kepuasan tamu bernilai sebesar 37,2% dan sisanya dipengaruhi oleh seba-sebab lainnya yang tidak di teliti dalam penelitian ini. Pada hasil uji signifikansi pengaruh parsial yang didapat t hitung sebesar 7,84210 pada angka tersebut lebih besar daripada t tabel dengan signifikansi 5% dan df=N yaitu 1,66008. Jika t hitung (7,84210>1,66008) t tabel maka bisa dikatakan Ho tidak diterima, berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa kualitas pelayanan departemen Front Office berpengaruh terhadap kepuasan tamu.

Item Type: Thesis (Diploma)
Additional Information: Pembimbing 1 : Lu’luwatin Rosdiana Aprilia, S.Pd., M.M.Par. Pembimbing 2 : Rr. Christiana Mayang Anggraeni, Stj, S.Pd., M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Keywords: Service Quality of the Front Office Department and Guest Satisfaction Kata kunci : Kualitas Pelayanan Departemen Front Office dan Kepuasan Tamu
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Polimedia Jakarta > Jurusan Pariwisata > Prodi Pengelolaan Perhotelan
Depositing User: Abu Hanifah
Date Deposited: 01 Oct 2023 10:21
Last Modified: 01 Oct 2023 10:21
URI: http://repository.polimedia.ac.id/id/eprint/7022

Actions (login required)

View Item
View Item