PERANCANGAN APLIKASI GAME PUZZLE SEBAGAI MEDIA BELAJAR DALAM MELATIH DAYA INGAT PADA ANAK SD NEGERI 0204184 BINJAI

Ibrahim, Qais (2023) PERANCANGAN APLIKASI GAME PUZZLE SEBAGAI MEDIA BELAJAR DALAM MELATIH DAYA INGAT PADA ANAK SD NEGERI 0204184 BINJAI. Diploma thesis, Politeknik Negeri Media Kreatif.

[thumbnail of PERANCANGAN APLIKASI GAME PUZZLE SEBAGAI MEDIA BELAJAR DALAM MELATIH DAYA INGAT PADA ANAK SD NEGERI 0204184 BINJAI] Text (PERANCANGAN APLIKASI GAME PUZZLE SEBAGAI MEDIA BELAJAR DALAM MELATIH DAYA INGAT PADA ANAK SD NEGERI 0204184 BINJAI)
TA_Softfile_QAIS IBRAHIM.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (1MB)

Abstract

ABSTRACT
Conventional learning without using media as a learning tool can decrease
students' motivation and understanding of the delivered material. One effective
innovation is utilizing puzzle games as a learning medium. By using these games,
students' learning motivation can be enhanced, and their understanding can be
improved. In this study, the author developed an educational game application that
adopts the concept from existing puzzle games. The game development was
conducted using Adobe Animate application with the aim of providing convenience
to students in playing, thanks to a simple and easily comprehensible interface.
Therefore, through the utilization of puzzle games, it is expected that students can
learn in a more enjoyable and effective manner.
Keywords: Game, Puzzle, Education, Media, Adobe Animate

ABSTRAK
Pembelajaran konvensional tanpa menggunakan media sebagai alat bantu
pembelajaran dapat mengurangi motivasi dan pemahaman siswa terhadap materi
yang disampaikan. Salah satu inovasi yang efektif adalah memanfaatkan game
puzzle sebagai sarana pembelajaran. Dengan menggunakan game ini, motivasi
belajar siswa dapat ditingkatkan dan pemahaman mereka dapat meningkat. Dalam
penelitian ini, penulis mengembangkan sebuah aplikasi game edukasi yang
mengadopsi konsep dari game puzzle yang sudah ada sebelumnya. Pengembangan
game ini dilakukan dengan menggunakan aplikasi Adobe Animate, dengan tujuan
untuk memberikan kemudahan kepada siswa dalam bermain, berkat antarmuka
yang simpel dan mudah dipahami. Dengan demikian, melalui penggunaan game
puzzle ini, diharapkan siswa dapat belajar dengan cara yang lebih menyenangkan
dan efektif.
Kata Kunci: Game, Puzzle, Edukasi, Media, Adobe Animate

Item Type: Thesis (Diploma)
Additional Information: 1. Dewantoro Lase,S.Kom.,M.Kom 2. Romel Sinaga,S.Pd.,M.Pd
Uncontrolled Keywords: Game, Puzzle, Edukasi, Media, Adobe Animate
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Polimedia Medan > Prodi Multimedia
Depositing User: QAIS IBRAHIM
Date Deposited: 01 Oct 2023 11:49
Last Modified: 01 Oct 2023 11:49
URI: http://repository.polimedia.ac.id/id/eprint/7078

Actions (login required)

View Item
View Item