PERANCANGAN FLASHCARD SEBAGAI MEDIA EDUKASI PENGENALAN PAHLAWAN NASIONAL PADA SISWA SEKOLAH DASAR

Siti Rukmana, Anita (2023) PERANCANGAN FLASHCARD SEBAGAI MEDIA EDUKASI PENGENALAN PAHLAWAN NASIONAL PADA SISWA SEKOLAH DASAR. Diploma thesis, Politeknik Negeri Media Kreatif PSDKU Makassar.

[thumbnail of PERANCANGAN FLASHCARD SEBAGAI MEDIA EDUKASI PENGENALAN PAHLAWAN NASIONAL PADA SISWA SEKOLAH DASAR] Text (PERANCANGAN FLASHCARD SEBAGAI MEDIA EDUKASI PENGENALAN PAHLAWAN NASIONAL PADA SISWA SEKOLAH DASAR)
Tesis Anita Siti Rukmana .pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (955kB)

Abstract

ABSTRAK
National heroes are one of the knowledge that is difficult to memorise
because the names and times of the moments of struggle carried out by heroes are
numerous and varied, as experienced by students of SD Inpres Laikan, especially
grade 4 who only know sultan Hasanuddin as a national hero. This is because
students are less interested in recognising national heroes, this is triggered by
several factors such as learning that seems monotonous so that it feels boring for
children to learn. Data collection techniques carried out by the author in the form
of interviews, observations, and literature studies aimed at designing flashcards as
a more interactive hero recognition educational media that can be used as a
learning medium while playing. The results of the flashcard design tested on 4th
grade students of SD Inpres Laikang functioned properly and students were able to
understand the testing flow with the help of adults and their peers.
Keywords: Flashcards of national heroes, Elementary School Children

ABSTRAK
Tokoh pahlawan nasional menjadi salah satu pengetahuan yang sulit untuk
dihapalkan karena nama dan waktu terjadinya momen perjuangan yang dilakukan
pahlawan sangatlah banyak dan beragam, sama halnya yang dialami siswa SD
Inpres Laikang khususnya kelas 4 yang hanya mengenal sultan Hasanuddin sebagai
tokoh pahlawan nasional. Hal ini disebabkan karena siswa kurang tertarik untuk
mengenali tokoh pahlawan nasional, hal tersebut dipicu oleh beberapa faktor seperti
pembelajaran yang terkesan monoton sehingga terasa membosankan untuk anak –
anak pelajari. Teknik pengumpulan data yang dilakukan oleh penulis berupa
wawancara, observasi, dan studi pustaka yang bertujuan untuk merancang flashcard
sebagai media edukasi pengenalan pahlawan yang lebih interaktif yang dapat
digunakan sebagai media pembelajaran sambil bermain. Hasil perancangan
flashcard yang diujicobakan pada siswa kelas 4 SD Inpres Laikang berfungsi
dengan baik serta siswa mampu memahami alur pengujian dengan dibantu oleh
orang dewasa maupun teman sebangkunya.
Kata Kunci : Flashcard pahlawan nasional, Anak Sekolah Dasar

Item Type: Thesis (Diploma)
Additional Information: 1. H. Suardi., S. Sos., M. Si 2. Carmelita Fiona,S.Ds.,M.Si
Uncontrolled Keywords: Flashcard pahlawan nasional, Anak Sekolah Dasar
Subjects: A General Works > AC Collections. Series. Collected works
L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
N Fine Arts > NC Drawing Design Illustration
P Language and Literature > PZ Childrens literature
Divisions: Polimedia Makasar > Prodi Desain Grafis
Depositing User: ANITA SITI RUKMANAH
Date Deposited: 16 Oct 2023 07:32
Last Modified: 16 Oct 2023 07:32
URI: http://repository.polimedia.ac.id/id/eprint/7167

Actions (login required)

View Item
View Item