PERANCANGAN DESAIN USER INTERFACE DAN USER EXPERIENCE APLIKASI LAYANAN PUBLIK KANTOR DESA BENTENG PAREMBA KABUPATEN PINRANG

Harmi, Harmi (2023) PERANCANGAN DESAIN USER INTERFACE DAN USER EXPERIENCE APLIKASI LAYANAN PUBLIK KANTOR DESA BENTENG PAREMBA KABUPATEN PINRANG. Diploma thesis, POLITEKNIK NEGERI MEDIA KREATIF.

[thumbnail of PERANCANGAN DESAIN USER INTERFACE DAN USER EXPERIENCE APLIKASI LAYANAN PUBLIK KANTOR DESA BENTENG PAREMBA KABUPATEN PINRANG] Text (PERANCANGAN DESAIN USER INTERFACE DAN USER EXPERIENCE APLIKASI LAYANAN PUBLIK KANTOR DESA BENTENG PAREMBA KABUPATEN PINRANG)
Laporan TA (Harmi).pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (1MB)

Abstract

The design aims to describe in detail how a system will operate. The Benteng Paremba village office does not yet have a public service system so that the services provided to the community are still done manually. This final project aims to design a public service design based on the user interface and user experience which is expected to be developed into an application in accordance with the design of the user interface and user experience so that the application can facilitate the commu-nity in carrying out public service processes. The implementation technique in this final project starts from data collection methods in the form of observation, literature study, and interviews. Furthermore, the work steps start from pre-production, namely paying for ideas, buying concept works, wireframes, then the production stage, namely the digitization stage, such as mockups, prototypes using the figma application, and finally post-production, namely the finishing and testing stages of the prototype. It can be concluded that the design of this public service system can be an example for making public service applications for the Benteng Paremba village office.

Perancangan betujuan untuk menggambarkan secara rinci bagaimana suatu sistem akan beroperasi. Kantor desa Benteng Paremba belum memiliki sistem layanan publik sehingga pelayanan yang diberikan kepada masyarakat masi di lakukan secara manual. Tugas akhir ini bertujuan untuk membuatkan rancangan desain layanan publik berbasis user interface dan user experience yang diharap bisa dikembangkan menjadi aplikasi sesuai dengan rancangan desain user iterface dan user eperience ini sehingga aplikasi tersebut bisa memudahkan masyarakat dalam melakukan proses pelayanan publik. Teknik pelaksanaan dalam tugas akhir ini dimulai dari metode pengumpulan data berupa observasi, study pustaka, dan wawancara. Selanjutnya untuk langkah kerja dimulai dari praproduksi yaitu penentuan ide, penentuan konsep karya,wireframe, kemudian tahap produksi yaitu tahap digitalisasi seperti, mockup, prototype dengan menggunakan aplikasi figma, dan trakhir pascaprodukis yaitu tahapan finishing dan testing prototype. Dapat disimpulkan bahwa rancangan sistem layanan publik ini bisa menjadi contoh untuk pembuatan aplikasi layanan publik kantor desa Benteng Paremba.

Item Type: Thesis (Diploma)
Additional Information: 1. H. Suardi, S.Sos., M.Si. 2. Fitriani Halik, S.Pd., M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Public Service, User Interface, User Experience, Design. Layanan Publik, User Interface, User Experience, Perancangan.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Polimedia Makasar > Prodi Multimedia
Depositing User: Harmi Harmi
Date Deposited: 10 Oct 2023 10:03
Last Modified: 10 Oct 2023 10:03
URI: http://repository.polimedia.ac.id/id/eprint/7309

Actions (login required)

View Item
View Item