PERANCANGAN USER INTERFACE (UI) DAN USER EXPERIENCE (UX) APLIKASI SIMAS POLITEKNIK NEGERI MEDIA KREATIF

Al Munawar, Maskur (2023) PERANCANGAN USER INTERFACE (UI) DAN USER EXPERIENCE (UX) APLIKASI SIMAS POLITEKNIK NEGERI MEDIA KREATIF. Diploma thesis, Politeknik Negeri Media Kreatif.

[thumbnail of PERANCANGAN USER INTERFACE (UI) DAN USER EXPERIENCE (UX) APLIKASI SIMAS POLITEKNIK NEGERI MEDIA KREATIF] Text (PERANCANGAN USER INTERFACE (UI) DAN USER EXPERIENCE (UX) APLIKASI SIMAS POLITEKNIK NEGERI MEDIA KREATIF)
PERANCANGAN USER INTERFACE (UI) DAN USER EXPERIENCE (UX) APLIKASI SIMAS POLITEKNIK NEGERI MEDIA KREATIF.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (2MB)

Abstract

The purpose of this final project is to create a UI and UX design for an academic information service application at the State Politeknik Negeri Media Kreatif, especially at the PSDKU Makassar. This writing employs various data collection methods, such as observation, literature review, interviews, and questionnaires. The sought-after data pertains to issues with the existing information system, user responses regarding the current system's efficiency and user interface, and identifying problems related to real-time notifications and time zone differences with Polimedia Centre. The collected data is then processed using brainstorming and mind mapping methods to generate conceptual ideas concerning the brand, user interface, and user experience, which are efficient and effective in addressing user needs and problems. With these concepts in place, they are further developed to the final stage, which includes the SIMAS (Academic and Student Information System) brand, along with user interface and user experience designs tailored to user needs and issues. It is expected that relevant parties will collaborate to realize and implement this design successfully.

Penulisan tugas akhir ini berujuan untuk membuat sebuah desain ui dan ux aplikasi penyedia layanan informasi akademik di Politeknik Negeri Media Kreatif khususnya di PSDKU Makassar, penulisan ini menggunakan metode pengumpulan data yang beragam, seperti observasi, tinjauan pustaka, wawancara dan angket/kuesioner, adapun data yang dicari adalah data terkait masalah pada sistem informasi yang ada, bagaimana tanggapan calon pengguna dengan tingkat efisiensi dan tampilan yang ada saat ini, setelah melalui proses tersebut didapatkan hasil bahwa sistem informasi yang ada memiliki kelemahan dalam hal tampilan yang dinilai kurang menarik, seringna terjadi error, tidak adanya notifikasi yang real time, serta perbedaan zona waktu dengan waktu Polimedia Pusat. Data tersebut kemudian diolah dengan menggunakan metode brainstorming dan mind mapping, untuk menhasilkan kosep ide terkait brand dan, user interface, dan user experience, yang efisien dan efektif dalam menyelesaikan masalah maupun memenuhi kebutuhan calon pengguna. Dengan konsep yang ada kemudian dikembangkan hingga memasuki tahap akhir berupa brand SIMAS (Sistem Informasi Akademik dan Mahasiswa) beserta dengan desain user interface dan user experience yang telah disesuaikan dengan kebutuhan dan masalah pengguna dan pastinya telah diap memasuki tahap developing adapun hasil ini diharapkan adanya sebuah pengembangan dari pihak-pihak terkait agar supaya desain ini bisa di realisasikan dan digunakan bersama.

Item Type: Thesis (Diploma)
Additional Information: Dr. HjMuliati, M.AP Elok Faiqoh, S.Pd.I., M.Pd
Uncontrolled Keywords: User Intervace, User Experience, Sistem Informasi,
Subjects: A General Works > AS Academies and learned societies (General)
L Education > L Education (General)
T Technology > T Technology (General)
T Technology > T Technology (General) > T201 Patents. Trademarks
Divisions: Polimedia Makasar > Prodi Desain Grafis
Depositing User: Maskur Al Munawar
Date Deposited: 10 Oct 2023 10:24
Last Modified: 10 Oct 2023 10:24
URI: http://repository.polimedia.ac.id/id/eprint/7314

Actions (login required)

View Item
View Item