PERANCANGAN PUZZLE TIPOGRAFI SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF PENGENALAN HURUF ABJAD

Arief, Muh (2023) PERANCANGAN PUZZLE TIPOGRAFI SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF PENGENALAN HURUF ABJAD. Diploma thesis, POLITEKNIK NEGERI MEDIA KREATIF.

[thumbnail of PERANCANGAN PUZZLE TIPOGRAFI SEBAGAI  MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF  PENGENALAN HURUF ABJAD] Text (PERANCANGAN PUZZLE TIPOGRAFI SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF PENGENALAN HURUF ABJAD)
MUH.ARIEF - LAPORAN TUGAS AKHIR.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (337kB)

Abstract

Knowing letters is very important before entering the process of learning to read and write. The introduction to letters begins in Early Childhood Education. Some students of TK. Nuruttarbiyah do not yet know the letters, which is due to the lack of interactive learning media, as well as monotonous and boring learning materials. The purpose of designing this Typography Puzzle is to provide an alternative media for introducing the alphabet letters to increase the interest and
motivation of TK. Nuruttarbiyah students in learning to recognize the letters. The methods used are observation, interviews, literature review, and prototype creation. This Typography Puzzle consists of two learning media: Puzzle and
Flashcards, which can be used as a learning tool while playing. The design result of Typography Puzzle consists of 26 letters, divided into two types: uppercase and
lowercase letters.

Keywords: Alphabet Letters, Typography Puzzle, Early Childhood Education

Mengenal huruf sangat penting sebelum memasuki proses belajar membaca dan menulis, pengenalan huruf dimulai pada jenjang Pendidikan Anak Usia Dini. Beberapa murid TK. Nuruttarbiyah belum mengenal huruf, yang disebabkan karena kurangnya media pembelajaran interaktif, serta media pembelajaran yang monoton dan terasa membosankan. Tujuan dari perancangan Puzzle Tipografi ini sebagai media alternatif pengenalan huruf abjad untuk meningkatkan minat dan motivasi murid TK. Nuruttarbiyah dalam belajar mengenal huruf. Metode yang dilakukan yaitu observasi, wawancara, studi pustaka dan pembuatan prototype. Puzzle Tipografi ini terdiri dari dua media pembelajaran yaitu, Puzzle dan Flashcard yang dapat digunakan sebagai media belajar sambil bermain. Hasil desain Puzzle Tipografi terdiri dari 26 huruf yang terbagi menjadi dua jenis yaitu huruf uppercase dan lowercase.

Kata Kunci : Huruf Abjad, Puzzle Tipografi, Pendidikan Anak Usia Dini

Item Type: Thesis (Diploma)
Additional Information: 1. Nugrah Juniar Umar, S.Sos., M.Ikom 2. Andi Adlin, SE.,MM
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci : Huruf Abjad, Puzzle Tipografi, Pendidikan Anak Usia Dini
Subjects: L Education > L Education (General)
N Fine Arts > NK Decorative arts Applied arts Decoration and ornament
Divisions: Polimedia Makasar > Prodi Desain Grafis
Depositing User: MUH. ARIEF
Date Deposited: 13 Oct 2023 06:48
Last Modified: 13 Oct 2023 06:48
URI: http://repository.polimedia.ac.id/id/eprint/7455

Actions (login required)

View Item
View Item