Pembuatan video iklan layanan masyarakat pentingnya menjaga ekosistem lingkungan kampus dari asap rokok

Marbun, Ester (2023) Pembuatan video iklan layanan masyarakat pentingnya menjaga ekosistem lingkungan kampus dari asap rokok. Diploma thesis, Politeknik Negeri Media Kreatif.

[thumbnail of Pembuatan video iklan layanan masyarakat pentingnya menjaga ekosistem lingkungan kampus dari asap rokok] Text (Pembuatan video iklan layanan masyarakat pentingnya menjaga ekosistem lingkungan kampus dari asap rokok)
Preliminary_Ester Marbun.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (1MB)

Abstract

There are many complaints from campus residents about cigarette smoke and cigarette butts scattered around campus. Where cigarette smoke and rubbish can damage the environment and disrupt activities on campus. Based on these problems, the author tries to create and implement these problems in the form of public service advertisement videos. This research uses a descriptive method with a qualitative approach. Data collection was carried out by means of in-depth interviews, with the help of an interview guide. Public service advertisement videos (PSAs) are advertisements that present social messages which aim to raise public awareness of a number of problems they have to face, namely conditions that can threaten harmony and public life. Public service advertisement videos are in the form of advertisements that are not aimed at gaining economic benefits, but rather social benefits. The social benefits in question are the emergence of awareness of attitudes, additional knowledge and changes in people's behavior towards the problem being advertised. This video was made to be used as a sustainable action or step in protecting our environmental ecosystem from cigarette smoke. As well as minimizing the number of smokers in the community.

Banyak keluhan dari warga kampus mengenai asap rokok dan puntung rokok yang berserakan di sekitar kampus. Dimana asap rokok dan sampah dapat merusak lingkungan dan mengganggu aktivitas di kampus. Berdasarkan permasalahan tersebut, penulis mencoba membuat dan mengimplementasikan permasalahan tersebut dalam bentuk video iklan layanan masyarakat. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan cara wawancara mendalam, dengan bantuan pedoman wawancara. Video Iklan Layanan Masyarakat (ILM) merupakan iklan yang menyajikan pesan-pesan sosial yang bertujuan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat terhadap sejumlah permasalahan yang harus mereka hadapi, yaitu kondisi yang dapat mengancam keharmonisan dan kehidupan masyarakat. Video iklan layanan masyarakat berbentuk iklan yang tidak bertujuan untuk memperoleh manfaat ekonomi, melainkan manfaat sosial. Manfaat sosial yang dimaksud adalah munculnya kesadaran akan sikap, tambahan pengetahuan dan perubahan perilaku masyarakat terhadap permasalahan yang diiklankan. Video ini dibuat untuk dijadikan sebagai aksi atau langkah berkelanjutan dalam menjaga ekosistem lingkungan kita dari asap rokok. Serta meminimalisir jumlah perokok di masyarakat.

Item Type: Thesis (Diploma)
Additional Information: 1. Komda Saharja,S.Kom.,M.Pd 2. Parningotan Simamora,S.Sos.,M.Si
Uncontrolled Keywords: Video, rokok, iklan layanan masyarakat
Subjects: A General Works > AC Collections. Series. Collected works
A General Works > AZ History of Scholarship The Humanities
L Education > L Education (General)
Divisions: Polimedia Medan > Prodi Multimedia
Depositing User: Ester Marbun
Date Deposited: 19 Oct 2023 01:22
Last Modified: 19 Oct 2023 01:22
URI: http://repository.polimedia.ac.id/id/eprint/7625

Actions (login required)

View Item
View Item