PEMBUATAN MEDIA PENGENALAN LUKISAN PERJAMUAN TERAKHIR UNTUK KAKR GBKP CILEUNGSI BERBASIS AUGMENTED REALITY

Sitepu, Theresia Emlyasna Br (2022) PEMBUATAN MEDIA PENGENALAN LUKISAN PERJAMUAN TERAKHIR UNTUK KAKR GBKP CILEUNGSI BERBASIS AUGMENTED REALITY. Diploma thesis, POLITEKNIK NEGERI MEDIA KREATIF.

[thumbnail of PEMBUATAN MEDIA PENGENALAN LUKISAN  PERJAMUAN TERAKHIR UNTUK KAKR GBKP CILEUNGSI BERBASIS AUGMENTED REALITY] Text (PEMBUATAN MEDIA PENGENALAN LUKISAN PERJAMUAN TERAKHIR UNTUK KAKR GBKP CILEUNGSI BERBASIS AUGMENTED REALITY)
Preliminary_19012134.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (483kB)

Abstract

The child's lack of focus in listening makes it difficult for the teacher to master the class. The child's euphoria about his cellphone greatly affected the worship service and the delivery of the teacher's word, especially at the KAKR
GBKP Cileungsi. This can have a negative impact, if the children become less focused on the delivery of the word. One way to attract children's focus is to increase creativity in services. The development of increasingly sophisticated technology can be used as interactive media that can be used by teachers when delivering the word. Technology in the form of Augmented Reality Applications is
one of the technological developments that can be used as interactive media. With the supporting material is a true story about the Painting of the Last Supper, which is rarely known by children and can be an example or reinforcement in the delivery of the word. In this painting, no one has ever seen a digital diorama that can be accessed via a cellphone using the Augmented Reality application. Therefore, interactive media was created by utilizing multimedia technology in the form of Augmented Reality with objects in the form of digital dioramas from the Last Supper Painting.

Kurang fokus anak dalam mendengarkan, membuat guru sulit menguasai kelas. Euforia anak terhadap ponselnya sangat mempengaruhi jalannya kebaktian dan penyampaian firman oleh guru khususnya pada KAKR GBKP Cileungsi. Hal ini dapat berdampak buruk, apabila anak-anak menjadi kurang fokus pada saat penyampaian firman. Salah satu cara untuk menarik fokus anak adalah dengan meningkatkan kreatifitas dalam kebaktian Pengembangan teknologi yang semakin canggih, dapat dimanfaatkan sebagai media interaktif yang dapat digunakan oleh guru pada saat penyampaian firman. Teknologi berupa Aplikasi Augmented Realitymenjadi salah satu pengembangan teknologi yang bisa digunakan sebagai media interaktif. Dengan materi pendukungnya adalah kisah nyata tentang Lukisan Perjamuan Terakhir, yang jarang diketahui anak dan dapat menjadi contoh ataupun penguat dalam penyampaian firman. Lukisan ini juga, belum pernah ada yang menjadikannya suatu diorama digital yang dapat dilihat melalui ponsel dengan menggunakan aplikasi Augmented Reality. Maka dari itu terciptalah media interaktif dengan memanfaatkan teknologi multimedia berupa Augmented Reality
dengan objek berupa diorama digital dari Lukisan Perjamuan Terakhir.

Item Type: Thesis (Diploma)
Additional Information: Hafid Setyo Hadi, MT. Jati Raharjo, S.Sn, M.Sn.
Uncontrolled Keywords: Media Interaktif, Augmented Reality, Diorama, Lukisan Perjamuan Terakhir
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Polimedia Jakarta > Jurusan Desain > Prodi Teknologi Rekayasa Multimedia
Depositing User: THERESIA EMLYASNA BR SITEPU
Date Deposited: 06 Sep 2022 06:18
Last Modified: 06 Sep 2022 06:18
URI: http://repository.polimedia.ac.id/id/eprint/763

Actions (login required)

View Item
View Item