PERANCANGAN(DESAIN) USER INTERFACE GAME EDUKASI MATEMATIKA DENGAN FIGMA DAN PROTOPIE PADA SD NEGERI 060934 BERBASIS ANDROID

Jeremy Hutagalung, Vincent (2023) PERANCANGAN(DESAIN) USER INTERFACE GAME EDUKASI MATEMATIKA DENGAN FIGMA DAN PROTOPIE PADA SD NEGERI 060934 BERBASIS ANDROID. Diploma thesis, Politeknik Negeri Media Kreatif.

[thumbnail of Judul] Text (Judul)
Prelim TA Vincent Jeremy Hutagalung.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (562kB)

Abstract

The writing of this final assignment was carried out at SD Negeri 060934 Medan in the form of designing a math educational game with figma and protopie at SD Negeri 060934 based on Android as an asset for making future applications, because SD Negeri 060934 does not yet have mobile-based learning media and still uses the method conventional and using visual aids, in accordance with the independent school curriculum must also be integrated into learning. In designing the user interface design of this mathematics educational game, in collecting data the authors used interviews, literature studies, and observations. The information data about the school that the author gets is from the school principal. The product of the design from this math educational game is an Android-based math educational game user interface design. Which will later become an asset for SD Negeri 060934. Then the software used is Adobe Photoshop software to create a backgound design set of icons on the main material, whiteboards question placement. In making wireframes using whimsical software then Figma is for making user interface designs and protopie is for digitizing software.

Pada penulisan tugas akhir ini dilakukan pada SD Negeri 060934 Medan berupa perancangan(desain) game edukasi matematika dengan figma dan protopie pada SD Negeri 060934 berbasis Android sebagai aset pembuatan aplikasi kedepannya, dikarenakan sekolah SD Negeri 060934 belum mempunyai media pembelajaran berbasis mobile dan masih menggunakan metode konvesional dan menggunakan alat peraga, sesuai dengan kurikulum merdeka sekolah juga harus mengintegrasikan pada belajar. Dalam perancangan desain user interface game edukaasi matematika tersebut, untuk pengumpulan data, penulis memakai sistem wawancara, studi pustaka, dan observasi. Adapun data informasi tentang sekolah yang penulis dapatkan merupakan dari kepala sekolah. Produk dari perancangan(desain) game edukasi matematika ini adalah berupa desain user interface game edukasi matematika berbasis android. Nantinya ditujukan sebagai aset kepada SD Negeri 060934. Kemudian software yang digunakan adalah software adobe photoshop untuk membuat desain backgound set icon pada materi utama, papan tulis peletakan soal. Pada pembuatan wireframe menggunakan software whimsical kemudian Figma sebagai pembuatan desain user interface dan protopie sebagai software digitalisasi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Additional Information: Nama Pembimbing 1: Khairil Anwar, S.Kom.,M.Kom Nama Pembimbing 2: Efrizal Siregar, S.Pd.,M.Pd
Uncontrolled Keywords: Keywords: Design, User interface, SD Negeri 060934, Android Based, Figma, Protopie Kata Kunci: Desain, User interface, SD Negeri 060934, Berbasis Android, Figma, Protopie
Subjects: L Education > L Education (General)
T Technology > T Technology (General)
Divisions: Polimedia Medan > Prodi Multimedia
Depositing User: Vincent Jeremy Hutagalung
Date Deposited: 19 Oct 2023 11:50
Last Modified: 19 Oct 2023 11:50
URI: http://repository.polimedia.ac.id/id/eprint/7636

Actions (login required)

View Item
View Item