Pembuatan poster Interaktif untuk kemampuan Kognitif anak SMP UPT SLB E Negeri Pembina Medan

Aulia, Adella (2023) Pembuatan poster Interaktif untuk kemampuan Kognitif anak SMP UPT SLB E Negeri Pembina Medan. Diploma thesis, Politeknik Negeri Media Kreatif.

[thumbnail of Pembuatan Poster Interaktif untuk kemampuan Kognitif anak SMP UPT SLB E Negeri Pembina Medan] Text (Pembuatan Poster Interaktif untuk kemampuan Kognitif anak SMP UPT SLB E Negeri Pembina Medan)
T.A adek Acc AMAN repository.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB)

Abstract

ABSTRACT
This research aims to develop interactive and cognitive posters as a learning tool
for special needs junior high school students at UPT SLB E Negeri Pembina
Medan. The research is motivated by the importance of instructional media that
align with the characteristics and needs of special needs children, as well as to
stimulate their interest in learning. The research adopts a development method,
encompassing needs analysis, poster design, implementation, and evaluation
stages. The process of creating interactive and cognitive posters is conducted by
considering the needs and cognitive abilities of students with special needs,
specifically those with intellectual disabilities. The outcome of this research is a
physical poster in A4 size (21 x 29.7 cm) that is interactive and cognitive. The poster
is designed using visually appealing elements and interactive techniques suitable
for children with special needs. It can be utilized as a learning media for the daily
activities of junior high school students at UPT SLB E Negeri Pembina Medan. It
is expected that the creation of interactive and cognitive posters will enhance the
learning interest of special needs students and provide them with a more engaging
and effective learning experience.
Keywords: Poster, Special needs, instructional media.

ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan poster interaktif dan kognitif
sebagai sarana pembelajaran bagi anak SMP berkebutuhan khusus di UPT SLB E
Negeri Pembina Medan. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pentingnya media
pembelajaran yang sesuai dengan karakteristik dan kebutuhan anak berkebutuhan
khusus, serta untuk membangkitkan minat belajar mereka. Metode pengembangan
digunakan dalam penelitian ini, meliputi tahap analisis kebutuhan, desain poster,
implementasi, dan evaluasi. Proses pembuatan poster interaktif dan kognitif ini
dilakukan dengan mempertimbangkan kebutuhan dan kemampuan kognitif anak
Tuna Grahita yang berkebutuhan khusus. Hasil penelitian ini adalah poster fisik
berukuran A4 (21 x 29,7 cm) yang interaktif dan kognitif. Poster ini didesain
dengan menggunakan elemen visual yang menarik dan teknik interaktif yang sesuai
dengan kebutuhan anak berkebutuhan khusus. Poster ini dapat digunakan sebagai
media pembelajaran untuk kegiatan harian anak-anak SMP di UPT SLB E Negeri
Pembina Medan. Diharapkan pembuatan poster interaktif dan kognitif ini dapat
meningkatkan minat belajar anak berkebutuhan khusus serta memberikan
pengalaman belajar yang lebih menarik dan efektif.
Kata kunci: Poster, Berkebutuhan khusus, media pembelajaran

Item Type: Thesis (Diploma)
Additional Information: 1. Faudunasokhi Telaumbanua,SE.,MM 2. Sofi Andriyanti, S.Pd., M.Sn
Uncontrolled Keywords: Keywords: Poster, Special needs, instructional media. Kata kunci: Poster, Berkebutuhan khusus, media pembelajaran
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Polimedia Medan > Prodi Desain Grafis
Depositing User: Adella Aulia
Date Deposited: 19 Oct 2023 12:00
Last Modified: 19 Oct 2023 12:00
URI: http://repository.polimedia.ac.id/id/eprint/7641

Actions (login required)

View Item
View Item