Perancangan desain packaging dalam meningkatkan nilai jual kepada konsumen di UMKM Bakso Randi

Raja Muda Sidebang, Raja (2023) Perancangan desain packaging dalam meningkatkan nilai jual kepada konsumen di UMKM Bakso Randi. Diploma thesis, Politeknik Negeri Media Kreatif.

[thumbnail of Perancangan desain packaging dalam meningkatkan nilai jual kepada konsumen di UMKM Bakso Randi] Text (Perancangan desain packaging dalam meningkatkan nilai jual kepada konsumen di UMKM Bakso Randi)
Repo(20511090).pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (1MB)

Abstract

ABSTRACT
In the current economic development, many MSMEsthat have emerged in Indonesiahave
been well received by the business world. Rapid economic growth encourages MSME
actors to compete in product and service marketing. One of the roles of packaging has
changed fromonly protecting productsto being a tool to attract consumer interest. The
purpose of packaging is to provide protection for the product while at the same time
increasing the selling value. This study was designed with several data collection
techniques, namely interviews, literature and observation. The author uses a
questionnaire on consumers at UMKM Bakso Randithrough the Google Formservice to
collect the data needed for research. Atthis stage the design starts from pre-production
such as determining the concept,software and tools used. The production section consists
of the digital design process and mockup implementation. The last step in the postproduction stage is an evaluation of the work. This final project will produce a bowl
packaging that uses a packaging design in the formof a sticker.
Keywords: MSME, design, selling point, packaging

ABSTRAK
Dalam perkembangan ekonomisaat ini, banyak UMKM yang muncul di Indonesia telah
diterima dengan baik oleh dunia usaha. pertumbuhan ekonomi yang pesat mendorong
pelaku UMKM untuk bersaing dalam pemasaran produk dan jasa. Salah satu peran
packaging telah mengalami perubahan dari hanya berfungsi melindung i produk menjadi
alat untuk menarik minat konsumen. Tujuan packaging untuk memberikan perlindungan
pada produk sekaligus dapat meningkatkan nilai jual. Penelitian ini dirancang dengan
beberapa teknik pengumpulan data yaitu wawancara, studi pustaka dan observasi. Penulis
melakukan penggunaan kuesioner pada konsumen di UMKM Bakso Randi melalui
layanan Google Form untuk mengumpulkan data yang diperlukan dalam penelitian. Pada
tahapan ini perancangan dimulai dari pra produksi seperti penentuan konsep, software
dan alat yang digunakan. Pada bagian produksi terdiri dari proses desain digital dan
penerapan pada mockup. Langkah terakhir pada tahap paska produksi berupa evaluasi
hasil karya. Tugas akhir ini akan menghasilkan sebuah bowl packaging yang
menggunakan desain packaging dalam bentuk stiker.
Kata kunci: UMKM, desain, nilai jual, packaging

Item Type: Thesis (Diploma)
Additional Information: Yusnia Sinambela, ST., MT, Pembimbing I Faudunasokhi Telambanua Telambanua, SE., MM, Pembimbing I
Uncontrolled Keywords: Kata kunci: UMKM, desain, nilai jual, packaging
Subjects: L Education > L Education (General)
T Technology > T Technology (General)
Divisions: Polimedia Medan > Prodi Desain Grafis
Depositing User: Raja Muda Sidebang
Date Deposited: 30 Oct 2023 01:33
Last Modified: 30 Oct 2023 01:33
URI: http://repository.polimedia.ac.id/id/eprint/7881

Actions (login required)

View Item
View Item