PKM:PEMBERDAYAAN DIGITAL MARKETING DENGAN MENGGUNAKAN GOOGLE PADA UMKM DI DESA CIHIDEUNG UDIK

Pinem, Sanjaya and Darmanto, Nova and Nainggolan, Anju Bherna D (2023) PKM:PEMBERDAYAAN DIGITAL MARKETING DENGAN MENGGUNAKAN GOOGLE PADA UMKM DI DESA CIHIDEUNG UDIK. Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat (SENPEDIA), 2 (1): 8. pp. 62-69. ISSN 2986-187X

[thumbnail of Prosiding Seminar Nasional Pengabdian kepada Masyarakat Polimedia (Senpedia) 2023] Text (Prosiding Seminar Nasional Pengabdian kepada Masyarakat Polimedia (Senpedia) 2023)
43-132-1-PB_2.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (234kB)

Abstract

Pemasaran digital juga mempunyai nilai efisiensi yang lebih tinggi dibandingkan dengan pemasaran yang menggunakan metode tradisional. UMKM di desa Cihideung Udik, melalui wawancara yang dilakukan masih dominan menggunakan pemasaran yang bersifat tradisional. Meskipun desa Cihideung Udik merupakan desa kecil, seharusnya dapat menyerap perkembangan teknologi informasi khususnya pada bidang pemasaran secara digital karena tidak terlalu jauh dari kota besar seperti Kota Bogor. Pengabdi tertarik untuk melakukan pembimbingan dan pelatihan terkait pemasaran digital di Cihideung Udik. Metode yang dipakai dalam pengabdian ini adalah metode terstruktur, sehingga setiap kegiatan dalam pengabdian ini diikuti oleh para mitra sampai selesai. Solusi pengabdian yang ditempuh terbagi atas dua (2) bagian, pertama penguatan pengetahuan informasi pada pemasaran digital, dilanjutkan dengan pengayaan informasi berkelanjutan dalam pemanfaatan pemasaran digital. Hasil yang diharapkan pengabdian ini adalah adanya peningkatan pemahaman dan pengetahuan para mitra dan cara mengoptimalkan pemasaran digital tercermin dari hasil pretest dengan nilai rata -rata 63 dan ketercapaian pengabdian dengan nilai rata-rata posttest 75. Akhir pelaksanaan pengabdian didapatkan bahwa literasi digital mitra meningkat terlihat dari rata-rata posttest dan mitra berkomitmen untuk mengadopsi digital marketing pada produk UMKM.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: pemasaran digital; metode terstruktur; umkm
Subjects: A General Works > AC Collections. Series. Collected works
Divisions: Polimedia Jakarta > Jurusan Desain > Prodi Teknologi Rekayasa Multimedia
Depositing User: Mr Sanjaya Polimedia
Date Deposited: 20 Dec 2023 02:33
Last Modified: 20 Dec 2023 02:33
URI: http://repository.polimedia.ac.id/id/eprint/7932

Actions (login required)

View Item
View Item