PERANCANGAN GAME EDUKASI SEBAGAI ALAT BANTU PENGENALAN SISTEM PENCERNAAN MANUSIA DI SDN SRENGSENG SAWAH 04

Amy Safira, Felia (2024) PERANCANGAN GAME EDUKASI SEBAGAI ALAT BANTU PENGENALAN SISTEM PENCERNAAN MANUSIA DI SDN SRENGSENG SAWAH 04. Diploma thesis, Politeknik Negeri Media Kreatif.

[thumbnail of Perancangan Game Edukasi Sebagai Alat Bantu Pengenalan Sistem Pencernaan Manusia di SDN Srengseng Sawah 04] Text (Perancangan Game Edukasi Sebagai Alat Bantu Pengenalan Sistem Pencernaan Manusia di SDN Srengseng Sawah 04)
Felia Amy Safira_20240047_Teknologi Rekayasa Multimedia_Laporan Tugas Akhir.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (573kB)

Abstract

Rapid technological developments have presented various new ways to improve the teaching and learning process. However, the main challenges faced are the large amount of learning material and children's tendency to use gadgets, especially to play online games. This was identified from the development of multimedia to design educational game applications, especially in introducing the human digestive system. This process includes the stages of concept, design, material collection, production, testing and distribution. The trial results showed that the "Know My Body" application was successful in running effectively. The effectiveness assessment was carried out using a Likert scale on 20 respondents from grade 5 students at SDN Srengseng Sawah 04 Pagi, with a percentage score reaching 92.5%. From the results of this research it can be concluded that the design and implementation of educational game applications is effective and efficient in providing new learning experiences to students. The use of image, audio and text visualization in learning can improve overall understanding of the material. Educational game technology has great potential to motivate and entertain students, while still supporting the achievement of predetermined learning goals. It is hoped that this research can inspire further development in the field of technology applications in education, as well as make a positive contribution to the quality of children's learning.
Keywords: Educational Games, Human Digestive System, Android Applications, Natural Sciences.

Perkembangan teknologi yang pesat telah menghadirkan berbagai cara baru untuk meningkatkan proses belajar mengajar. Namun, tantangan utama yang dihadapi adalah jumlah materi pelajaran yang banyak dan kecenderungan anak-anak untuk menggunakan gadget, terutama untuk bermain game online. Hal ini diidentifikasi dari pengembangan multimedia untuk merancang aplikasi game edukasi, khususnya dalam pengenalan sistem pencernaan manusia. Proses ini meliputi tahapan konsep, desain, pengumpulan materi, produksi, pengujian, dan distribusi. Hasil uji coba menunjukkan bahwa aplikasi "Kenali Tubuhku" berhasil berjalan secara efektif. Penilaian efektivitas dilakukan menggunakan skala Likert terhadap 20 responden siswa kelas 5 SDN Srengseng Sawah 04 Pagi, dengan nilai presentase mencapai 92,5%. Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa desain dan implementasi aplikasi game edukasi efektif dan efisien dalam memberikan experience belajar baru kepada siswa. Penggunaan visualisasi gambar, audio, dan teks dalam pembelajaran dapat meningkatkan pemahaman materi secara menyeluruh. Teknologi game edukasi memiliki potensi besar untuk memotivasi dan menghibur siswa, sambil tetap mendukung pencapaian tujuan pembelajaran yang telah ditetapkan. Diharapkan penelitian ini dapat menginspirasi pengembangan lebih lanjut dalam bidang aplikasi teknologi dalam pendidikan, serta memberikan kontribusi positif terhadap kualitas belajar anak.
Kata Kunci: Game Edukasi, Sistem Pencernaan Manusia, Aplikasi Android, Ilmu Pengetahuan Alam.

Item Type: Thesis (Diploma)
Additional Information: 1. Tri Fajar Yurmama Supiyati, S.Kom, M.T. 2. Dwi Mandasari Rahayu, S.P., M.M.
Uncontrolled Keywords: Educational Games, Human Digestive System, Android Applications, Natural Sciences Game Edukasi, Sistem Pencernaan Manusia, Aplikasi Android, Ilmu Pengetahuan Alam
Subjects: L Education > L Education (General)
T Technology > T Technology (General)
Divisions: Polimedia Jakarta > Jurusan Desain > Prodi Teknologi Rekayasa Multimedia
Depositing User: Felia Amy Safira
Date Deposited: 29 Aug 2024 03:43
Last Modified: 29 Aug 2024 03:43
URI: http://repository.polimedia.ac.id/id/eprint/10038

Actions (login required)

View Item
View Item