PEMBUATAN DESAIN USER INTERFACE APLIKASI MOBILE BERBASIS DESIGN THINGKING PADA COFFESHOP KOPITOK

Taofik Prayoga, Wegy (2024) PEMBUATAN DESAIN USER INTERFACE APLIKASI MOBILE BERBASIS DESIGN THINGKING PADA COFFESHOP KOPITOK. Diploma thesis, Politeknik Negeri Media Kreatif.

[thumbnail of PEMBUATAN DESAIN USER INTERFACE APLIKASI MOBILE BERBASIS DESIGN THINGKING PADA COFFESHOP KOPITOK] Text (PEMBUATAN DESAIN USER INTERFACE APLIKASI MOBILE BERBASIS DESIGN THINGKING PADA COFFESHOP KOPITOK)
TUGAS AKHIR_WEGY TAOFIK PRAYOGA_21521045_MULTIMEDIA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (1MB)

Abstract

The increasing use of mobile devices indicates that investing in mobile applications
aligns with technological advancements and consumer behavior. Currently,
KOPITOK e-commerce relies on third parties, such as Gojek, for order processing
and delivery. Therefore, the development of a mobile application will not only
enhance operational efficiency and customer satisfaction but also strengthen
KOPITOK's position in an increasingly competitive market. The author conducted
research and direct observations at KOPITOK coffee shop to gain a deep
understanding of business operations. The design process of this mobile application
utilized the Design Thinking theory, which includes the stages of pre-production,
production, and post-production. The pre-production stage involves Empathize and
Define steps. The production stage includes Ideate and Prototype. In the post�production stage, the author conducted testing of the prototype results. These stages
are crucial elements in creating an effective and efficient mobile application design.
The UI/UX design results of this application can serve as a valuable reference for
the author in developing future works.
Keywords: e-commerce, mobile devices, application design, UI/UX, coffee.

Peningkatan penggunaan perangkat mobile menunjukkan bahwa investasi pada aplikasi mobile merupakan langkah yang sejalan dengan kemajuan teknologi dan perilaku konsumen. Saat ini, e-commerce KOPITOK masih bergantung pada pihak ketiga, seperti Gojek, untuk proses pemesanan dan pengantaran. Oleh karena itu, pengembangan aplikasi mobile tidak hanya akan mendukung efisiensi operasional dan meningkatkan kepuasan pelanggan, tetapi juga memperkuat posisi KOPITOK di pasar yang semakin kompetitif. Penulis melakukan penelitian dan pengamatan langsung di kedai kopi KOPITOK untuk mendapatkan pemahaman mendalam mengenai proses operasional bisnis. Dalam proses pembuatan desain aplikasi mobile ini, digunakan teori Design Thinking yang mencakup tahapan pra-produksi, produksi, dan pasca-produksi. Tahap pra-produksi meliputi langkah-langkah Empathize dan Define. Tahap produksi mencakup Ideate dan Prototype. Sedangkan tahap pasca-produksi penulis melakukan testing hasil dari prototype.Tahapan-tahapan tersebut merupakan elemen penting dalam menciptakan desain aplikasi mobile yang efektif dan efisien. Hasil desain UI/UX aplikasi ini dapat digunakan sebagai referensi berharga bagi penulis dalam mengembangkan karya-karya selanjutnya.

Item Type: Thesis (Diploma)
Additional Information: 1. Andrian, S.Kom, M.Kom 2. Juwairiah, S.Pd, M.Si
Uncontrolled Keywords: e-commerce, perangkat mobile, desain aplikasi, UI/UX, kopi
Subjects: L Education > L Education (General)
T Technology > T Technology (General)
Divisions: Polimedia Medan > Prodi Multimedia
Depositing User: Wegy taofik prayoga
Date Deposited: 29 Aug 2024 04:36
Last Modified: 29 Aug 2024 04:36
URI: http://repository.polimedia.ac.id/id/eprint/10050

Actions (login required)

View Item
View Item