PERANCANGAN APLIKASI AUGMENTED REALITY SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN DAN PENGENALAN HEWAN REPTIL BAGI ANAK-ANAK BERBASIS ANDROID

Putra Darmawan, Andi Tri (2024) PERANCANGAN APLIKASI AUGMENTED REALITY SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN DAN PENGENALAN HEWAN REPTIL BAGI ANAK-ANAK BERBASIS ANDROID. Diploma thesis, Politeknik Negeri Media Kreatif.

[thumbnail of PERANCANGAN APLIKASI AUGMENTED REALITY SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN DAN PENGENALAN  HEWAN REPTIL BAGI ANAK-ANAK BERBASIS ANDROID] Text (PERANCANGAN APLIKASI AUGMENTED REALITY SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN DAN PENGENALAN HEWAN REPTIL BAGI ANAK-ANAK BERBASIS ANDROID)
Laporan Tugas Akhir Andi - repository.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (576kB)

Abstract

The development of new media technology is highly compatible with the
characteristics of young people, and data from the Central Statistics Agency (BPS)
shows the high use of technology by early childhood in Indonesia. Choosing the
right learning media can attract children's interest and motivation to learn
enthusiastically. This Final Project aims to create an Augmented Reality
application called "Reptile Introduction." The research aims to create an
interactive and immersive learning experience for children by utilizing threedimensional visualization through Augmented Reality technology and to enhance
knowledge about reptiles at RPTRA Citra Betawi. This application is designed
using the Multimedia Development Life Cycle (MDLC) method and built on the
Unity 3D platform. It is hoped that this application can become an alternative
learning medium for children about reptiles and make learning more enjoyable.
Keywords: Augmented Reality, Learning Media, Reptiles, Interactive

Perkembangan teknologi media baru sangat cocok dengan karakteristik anak muda,
dan data dari Badan Pusat Statistik (BPS) menunjukkan tingginya penggunaan
teknologi oleh anak usia dini di Indonesia. Memilih media pembelajaran yang tepat
dapat menarik minat dan motivasi anak untuk belajar dengan antusias. Tugas Akhir
ini bertujuan untuk membuat aplikasi Augmented Reality “Pengenalan Reptil”.
Tujuan penelitian adalah menciptakan pengalaman pembelajaran yang interaktif
dan mendalam bagi anak-anak dengan memanfaatkan visualisasi tiga dimensi
melalui teknologi Augmented Reality dan meningkatkan pengetahuan tentang
hewan reptil di RPTRA Citra Betawi. Aplikasi ini dirancang menggunakan metode
Multimedia Development Life Cycle (MDLC) dan dibuat dengan platform Unity
3D. Diharapkan, aplikasi ini dapat menjadi alternatif media pembelajaran untuk
anak-anak tentang hewan reptil dan membuat pembelajaran lebih menyenangkan.
Kata kunci: Augmented Reality, Media pembelajaran, Reptil, Interaktif

Item Type: Thesis (Diploma)
Additional Information: Sari Setyaning Tyas, MTI., Dwi Mandasari Rahayu, S.P., M.M.,
Uncontrolled Keywords: Keywords: Augmented Reality, Learning Media, Reptiles, Interactive Kata kunci: Augmented Reality, Media pembelajaran, Reptil, Interaktif
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > QL Zoology
T Technology > T Technology (General)
Divisions: Polimedia Jakarta > Jurusan Desain > Prodi Teknologi Rekayasa Multimedia
Depositing User: Andi Tri Putra Darmawan
Date Deposited: 30 Aug 2024 03:46
Last Modified: 30 Aug 2024 03:46
URI: http://repository.polimedia.ac.id/id/eprint/10152

Actions (login required)

View Item
View Item