Perancangan Logo dan Kemasan sebagai Branding Produk Mie Instan dengan Penambahan Rumput Laut (Karagenan)

Valentino Febrian, Johanes (2024) Perancangan Logo dan Kemasan sebagai Branding Produk Mie Instan dengan Penambahan Rumput Laut (Karagenan). Diploma thesis, Politeknik Negeri Media Kreatif.

[thumbnail of Perancangan Logo dan Kemasan sebagai Branding Produk Mie Instan dengan Penambahan Ikan Lele Rumput Laut (Karagenan)] Text (Perancangan Logo dan Kemasan sebagai Branding Produk Mie Instan dengan Penambahan Ikan Lele Rumput Laut (Karagenan))
Johanes Valentino Febrian - Perancangan Logo dan Kemasan sebagai Branding Produk Mie Instan dengan Penambahan Ikan Lele Rumput Laut (Karagenan) - 21710021.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (333kB)

Abstract

ABSTRACT

Branding activities are communication activities that aim to create product character or identity and create and maintain product images in the eyes of consumers. In opening a business, business owners often ignore labeling and packaging issues for the products they make. Basically, they only focus on providing advertisements, brochures and online marketing without realizing that many consumers are attracted by good packaging. In fact, product packaging is one of the important parts of a marketing strategy. The research method used in this study is a qualitative method. This method is used to provide an in-depth understanding of consumer tastes for packaging design in catfish instant noodle products. The object of this research is instant noodle food products packaged with non-ziplock packaging marketed through an open pre order system. The packaging design for instant catfish noodles uses graphic elements namely instant noodles, catfish, and abstract. In addition, there are also typographic variations to support the packaging to look attractive and the use of information labels made by the author in the form of how to serve to clarify consumers how to consume catfish instant noodle products. In addition, there is also a composition to clarify the ingredients used from catfish instant noodle products.
Key Words : Packaging, Logo, Branding, Catfish Instant Noodle, Carrageenan

ABSTRAK

Kegiatan branding adalah kegiatan komunikasi yang bertujuan untuk menciptakan karakter atau identitas produk serta menciptakan dan mempertahankan citra produk di mata konsumen. Dalam membuka usaha, pemiliki usaha sering mengabaikan permasalahan pelabelan dan pengemasan untuk produk yang mereka buat. Pada dasarnya, mereka hanya fokus pada pemberian iklan, brosur dan pemasaran secara online tanpa menyadari bahwa banyak konsumen yang tertarik dengan kemasan yang baik. Faktanya, pengemasan produk merupakan salah satu bagian penting dari strategi pemasaran. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif. Metode ini digunakan untuk memberikan pemahaman secara mendalam tentang selera konsumen terhadap desain kemasan pada produk mie instan ikan lele. Objek penelitian ini adalah produk makanan mie instan yang dikemas dengan kemasan non ziplock yang dipasarkan melalui sistem open pre order. Desain kemasan untuk mie instan ikan lele menggunakan elemen grafis yaitu mie instan, ikan lele, dan abstrak. Selain itu juga terdapat variasi tipografi untuk mendukung kemasan terlihat menarik serta penggunaan label informasi yang dibuat oleh penulis yaitu berupa cara penyajian untuk memperjelas konsumen bagaimana cara mengkonsumsi produk mie instan ikan lele. Selain itu juga terdapat komposisi untuk memperjelas bahan yang digunakan dari produk mie instan ikan lele.
Kata Kunci : Kemasan, Logo, Branding, Mie Instan Ikan Lele, Karagenan

Item Type: Thesis (Diploma)
Additional Information: Anindita Budi Astuti, S.E, M.M. Dimas Bayu Pinandoyo, S.Si., M.Sc.
Uncontrolled Keywords: Key Words : Packaging, Logo, Branding, Catfish Instant Noodle, Carrageenan Kata Kunci : Kemasan, Logo, Branding, Mie Instan Ikan Lele, Karagenan
Subjects: L Education > L Education (General)
N Fine Arts > NC Drawing Design Illustration
Z Bibliography. Library Science. Information Resources > ZA Information resources
Divisions: Polimedia Jakarta > Jurusan Pariwisata > Prodi Seni Kuliner
Depositing User: Johanes Valentino Febrian
Date Deposited: 29 Aug 2024 08:17
Last Modified: 29 Aug 2024 08:17
URI: http://repository.polimedia.ac.id/id/eprint/10187

Actions (login required)

View Item
View Item