EFEKTIVITAS 3D LAYOUT DAN 3D MODELING PADA VIDEO ANIMASI "SCREW IT" SEBAGAI MEDIA EDUKASI PROBLEM SOLVING

Rangga Wijaya, Aditya (2024) EFEKTIVITAS 3D LAYOUT DAN 3D MODELING PADA VIDEO ANIMASI "SCREW IT" SEBAGAI MEDIA EDUKASI PROBLEM SOLVING. Diploma thesis, Politeknik Negeri Media Kreatif Jakarta.

[thumbnail of EFEKTIVITAS 3D LAYOUT DAN 3D MODELING PADA VIDEO ANIMASI "SCREW IT" SEBAGAI MEDIA EDUKASI PROBLEM SOLVING] Text (EFEKTIVITAS 3D LAYOUT DAN 3D MODELING PADA VIDEO ANIMASI "SCREW IT" SEBAGAI MEDIA EDUKASI PROBLEM SOLVING)
Laporan Tugas Akhir_Aditya Rangga Wijaya_20230006_PRELIMINARY.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (657kB)

Abstract

Penelitian ini mengeksplorasi desain film animasi berjudul “Screw It!” yang berfungsi sebagai media edukasi problem solving. Tujuan pembuatan film animasi ini adalah untuk mengajarkan tanggung jawab dan pemecahan masalah kepada anak-anak sekolah dasar, sekaligus memperkaya literatur akademik, khususnya dalam pengembangan media pembelajaran berbasis animasi dan multimedia. Fokus penelitian ini adalah pada metode 3D Layout dan 3D Modeling, menggunakan perangkat lunak Autodesk Maya dan Blender, untuk menciptakan gaya animasi yang unik dan menarik dalam video animasi "Screw It!". Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah metode kualitatif melalui wawancara dengan orang tua murid, praktisi animasi, dan tenaga pendidik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa film animasi "Screw It!" efektif sebagai media edukasi untuk pemecahan masalah dan tanggung jawab bagi anak-anak sekolah dasar.

This research explores the design of the animated film entitled "Screw It!" which functions as a problem solving educational medium. The aim of making this animated film is to teach responsibility and problem solving to elementary school children, as well as enrich academic literature, especially in the development of animation and multimedia-based learning media. The focus of this research is on 3D Layout and 3D Modeling methods, using Autodesk Maya and Blender software, to create a unique and interesting animation style in the animated video "Screw It!". The data collection technique used is a qualitative method through interviews with parents, animation practitioners and teaching staff. The results showed that the animated film "Screw It!" effective as an educational medium for problem solving and responsibility for elementary school children.

Item Type: Thesis (Diploma)
Additional Information: Maria Ulfah, S.Pd., M.M. Moses Raissa Graceivan, M.Sn
Uncontrolled Keywords: Animasi, Pemecahan Masalah, 3D Tata Letak, 3D Modeling
Subjects: L Education > L Education (General)
N Fine Arts > NX Arts in general
Divisions: Polimedia Jakarta > Jurusan Desain > Prodi Animasi
Depositing User: Aditya Rangga Wijaya
Date Deposited: 29 Aug 2024 03:29
Last Modified: 29 Aug 2024 03:29
URI: http://repository.polimedia.ac.id/id/eprint/10276

Actions (login required)

View Item
View Item