PERANCANGAN CHARACTER DESIGN, STORYBOARD, DAN 2D ANIMATION PADA VIDEO ANIMASI “KULON” DALAM EDUKASI MANAJEMEN WAKTU PERKULIAHAN DARING PADA MAHASISWA

Shaffiya Humairra, Sandri (2024) PERANCANGAN CHARACTER DESIGN, STORYBOARD, DAN 2D ANIMATION PADA VIDEO ANIMASI “KULON” DALAM EDUKASI MANAJEMEN WAKTU PERKULIAHAN DARING PADA MAHASISWA. Diploma thesis, Politeknik Negeri Media Kreatif Jakarta.

[thumbnail of PERANCANGAN CHARACTER DESIGN, STORYBOARD, DAN 2D ANIMATION PADA VIDEO ANIMASI “KULON” DALAM EDUKASI MANAJEMEN WAKTU PERKULIAHAN DARING PADA MAHASISWA] Text (PERANCANGAN CHARACTER DESIGN, STORYBOARD, DAN 2D ANIMATION PADA VIDEO ANIMASI “KULON” DALAM EDUKASI MANAJEMEN WAKTU PERKULIAHAN DARING PADA MAHASISWA)
PENULISAN TUGAS AKHIR SANDRI SHAFFIYA - PREMINALIIIII.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (1MB)

Abstract

This research discusses the design of an animated video entitled “KULON” as a medium for educating students on time management during online classes. The purpose of this animation video project is to educate students on managing their time management during online learning. The study was conducted during the 8th semester, focusing on various aspects of the animation production process, including character design, storyboard development, and 2D animation as part of the animation pipeline. The research utilized a qualitative descriptive method with a design thinking framework. The data was collected through a questionnaire involving 30 respondents who are students currently engaged in online classes. The results of the study demonstrate that the “KULON” animated video is an effective educational tool for students in the context of online learning.

Penelitian ini membahas perancangan video animasi berjudul “KULON” sebagai media edukasi untuk membantu mahasiswa dalam manajemen waktu selama perkuliahan daring. Tujuan dari pembuatan video animasi ini adalah untuk memberikan edukasi kepada mahasiswa dalam mengelola waktu mereka selama perkuliahan daring. Dimasa perkuliahan semester 8, penelitian ini difokuskan pada berbagai aspek pembuatan video animasi, termasuk desain karakter, storyboard, dan animasi 2D sebagai bagian dari tahapan pipeline animasi. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan design thinking. Peneliti melakukan teknik pengumpulan data melalui kuesioner yang melibatkan 30 responden yang merupakan mahasiswa yang menjalani perkuliahan daring. Hasil penelitian menunjukkan bahwa video animasi “KULON” efektif sebagai media edukasi dalam konteks perkuliahan daring bagi mahasiswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Additional Information: Maria Ulfa Catur A. S.Pd.MM Moses R. Graceivan S.Ds.M.MT
Uncontrolled Keywords: Animasi, Animasi 2D, Storyboard, Desain Karakter, Manajemen Waktu, Perkuliahan Daring
Subjects: L Education > L Education (General)
N Fine Arts > NC Drawing Design Illustration
N Fine Arts > NX Arts in general
Divisions: Polimedia Jakarta > Jurusan Desain > Prodi Animasi
Depositing User: sandri shaffiya humairra
Date Deposited: 29 Aug 2024 03:13
Last Modified: 29 Aug 2024 03:13
URI: http://repository.polimedia.ac.id/id/eprint/10287

Actions (login required)

View Item
View Item