PEMBUATAN APLIKASI PEMBELAJARAN INTERAKTIF SEBAGAI SARANA BELAJAR LITERASI FINANSIAL UNTUK SISWA KELAS 7 DI SMPIT NURUL ILMI

Rayhani, Mitha Syafiiah (2022) PEMBUATAN APLIKASI PEMBELAJARAN INTERAKTIF SEBAGAI SARANA BELAJAR LITERASI FINANSIAL UNTUK SISWA KELAS 7 DI SMPIT NURUL ILMI. Diploma thesis, Politeknik Negeri Media Kreatif.

[thumbnail of PEMBUATAN APLIKASI PEMBELAJARAN INTERAKTIF SEBAGAI SARANA BELAJAR LITERASI FINANSIAL UNTUK SISWA KELAS 7 DI SMPIT NURUL ILMI] Text (PEMBUATAN APLIKASI PEMBELAJARAN INTERAKTIF SEBAGAI SARANA BELAJAR LITERASI FINANSIAL UNTUK SISWA KELAS 7 DI SMPIT NURUL ILMI)
Preliminary_19012071.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (827kB)

Abstract

Financial literacy is needed to educate people to be aware and understand how to manage finances wisely. However, the lack of ability in financial management conduce people unable to utilize natural resources and manage finances properly. Dealing with the demographic bonus, the Indonesian government is promoting a school literacy movement to support and develop the nation's successors who are economically literate. Based on unstructured interviews that have been conducted with the Social Studies teacher at SMPIT Nurul Ilmi, financial literacy education was taught in general in economics but it was not been taught specifically. Therefore, this research aimed to create an interactive financial literacy learning application 'Belajar Duit' for students in SMPIT Nurul Ilmi. Through literature studies, researchers collected library data by reading, recording, and processing data from books, journals, and websites as research material to create the 'Belajar Duit' application. Multimedia Development Life Cycle (MDLC) has been used as a method of developing the application. Based on the results of the Software Usability Measurement Inventory (SUMI) test, the test scale value obtained was Efficiency=97.1, Affect=95.2, Helpfulness=96.5, Controlability=93.5, and Learnability=89.7. In conclusion, the 'Belajar Duit' application is very efficient to help the teaching and learning process at SMPIT Nurul Ilmi.

Literasi finansial sangat diperlukan untuk mendidik manusia agar sadar dan paham mengelola keuangan secara bijak. Akan tetapi, kurangnya kemampuan dalam memanajemen keuangan membuat masyarakat tidak dapat memanfaatkan sumber daya alam dan mengelola keuangan dengan baik. Untuk menghadapi bonus demografi, pemerintah Indonesia menggalakan gerakan literasi sekolah untuk mendukung dan mengembangkan penerus bangsa yang melek ekonomi. Berdasarkan wawancara tidak terstruktur yang telah dilakukan dengan Guru IPS di SMPIT Nurul Ilmi, pendidikan literasi finansial masih diajarkan secara umum dalam pelajaran ekonomi namun secara spesifik masih belum diajarkan. Maka, penelitian ini bertujuan pembuatan aplikasi pembelajaran literasi finansial interaktif ‘Belajar Duit’ untuk Siswa SMPIT Nurul Ilmi. Melalui studi literatur, peneliti mengumpulkan data pustaka melalui membaca, mencatat, dan mengolah data dari sumber buku, jurnal, dan website sebagai bahan penelitiaan untuk membuat aplikasi ‘Belajar Duit’. Multimedia Development Life Cycle (MDLC) telah digunakan sebagai metode pengembang aplikasi tersebut. Berdasarkan hasil dari pengujian Software Usability Measurement Inventory (SUMI), nilai skala pengujian yang diperoleh yaitu Efficiency=97,1; Affect=95,2; Helpfulness=96,5; Controlabillity=93,5; dan Learnability=89,7. Kesimpulannya, aplikasi ‘Belajar Duit’ sangat efisien untuk membantu proses belajar mengajar di SMPIT Nurul Ilmi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Additional Information: Sari Setyaning Tyas, M. Ti Yuyun Khairunisa, S.Si., M.kom
Uncontrolled Keywords: Literasi Finansial, Aplikasi Pembelajaran Interaktif, E-Learning, Ekonomi Keuangan
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Polimedia Jakarta > Jurusan Desain > Prodi Teknologi Rekayasa Multimedia
Depositing User: MITHA SYAFIIAH RAYHANI
Date Deposited: 20 Sep 2022 07:04
Last Modified: 20 Sep 2022 07:04
URI: http://repository.polimedia.ac.id/id/eprint/1033

Actions (login required)

View Item
View Item