PERANCANGAN KARTU PERMAINAN BELAJAR HURUF HIJAIYAH UNTUK PAUD/KB AL-IKHSAN

Salsabila, Fitri Fasabina (2024) PERANCANGAN KARTU PERMAINAN BELAJAR HURUF HIJAIYAH UNTUK PAUD/KB AL-IKHSAN. Diploma thesis, Politeknik Negeri Media Kreatif.

[thumbnail of PERANCANGAN KARTU PERMAINAN  BELAJAR HURUF HIJAIYAH UNTUK PAUD/KB AL-IKHSAN] Text (PERANCANGAN KARTU PERMAINAN BELAJAR HURUF HIJAIYAH UNTUK PAUD/KB AL-IKHSAN)
TA2024_B_11_Fitri Fasabina Salsabila_Laporan...pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (1MB)

Abstract

For people who adhere to the Islamic religion, the Al-Qur'an is a role model book that they always read and practice every day. The letters used to read the Al-Quran are hijaiyah letters, the Muslim community in Indonesia has become familiar with the hijaiyah letters by studying with iqro books from an early age, not to mention the fact that they have been taught from generation to generation. However, in teaching, sometimes there are more children who want to play than those who want to learn, so that the peace of the class is disturbed and breaks the focus of the children who want to learn. The teaching method usually used in this situation is the learning while playing method and the learning media used must be appropriate, so that children can continue to absorb learning while having fun. Therefore, the author decided to design a game card title for learning Hijaiyah letters so that children aged 3-7 years can learn it from an early age. Through designing this final assignment, the author hopes that children aged 3-7 years can use the game cards with enthusiasm and that they will become one of the learning media options that can help teachers in Al-Ikhsan Early Childhood/KB teaching.
Keywords: Hijaiyah letters, teaching methods, play-based learning method, learning media, game cards.

Bagi Masyarakat penganut agama islam, Al-Qur’an merupakan kitab panutan yang selalu mereka baca dan dilakukan amalanya di setiap hari. Huruf yang dipakai untuk membaca Al-Quran adalah Huruf hijaiyah, masyarakat penganut agama islam di Indonesia telah mengenal huruf hijaiyah tersebut dengan belajar dengan buku iqro sejak dini, belum lagi dikarenakan pembelajarannya yang turun-temurun. Namun dalam pengajarannya, terkadang anak-anak yang ingin bermain lebih banyak dari yang ingin belajar, sehingga ketenangan kelas jadi terganggu dan memecah fokus anak-anak yang ingin belajar. Metode pengajaran yang biasanya digunakan dalam kondisi ini adalah metode belajar sambil bermain dan media pembelajaran yang digunakan pun harus tepat, agar anak-anak dapat tetap menyerap pembelajaran sambil bersenang-senang. Maka dari itu penulis mengagaskan untuk perancangan judul kartu permainan belajar huruf hijaiyah agar anak-anak usia 3-7 tahun dapat mempelajarinya sedari dini. Melalui perancangan tugas akhir ini penulis, berharap bahwa anak-anak usia 3-7 tahun dapat menggunakan kartu permainan tersebut dengan semangat dan menjadi salah satu opsi media pembelajaran yang dapat membantu pengajaran guru di Paud/KB Al-Ikhsan.
Kata Kunci : Huruf Hijaiyah, Metode Pengajaran, Belajar Sambil Bermain, Media Pembelajaran, Kartu Permainan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Additional Information: Dosen Pembimbing 1 :Yayah Nurasiah, M.Pd Dosen Pembimbing 2 :Citrani Eka Lambda Nur, S.Sn.,M.I.Kom
Uncontrolled Keywords: Huruf Hijaiyah, Metode Pengajaran, Belajar Sambil Bermain, Media Pembelajaran, Kartu Permainan.
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
N Fine Arts > NC Drawing Design Illustration
N Fine Arts > NE Print media
Divisions: Polimedia Jakarta > Jurusan Desain > Prodi Desain Grafis
Depositing User: Fitir Fasabina Salsabila
Date Deposited: 30 Aug 2024 08:39
Last Modified: 30 Aug 2024 08:39
URI: http://repository.polimedia.ac.id/id/eprint/10342

Actions (login required)

View Item
View Item