PEMBUATAN MODEL KARAKTER 3D DENGAN PENDEKATAN TEKNIK BOX MODELING BERDASARKAN CONCEPT CHARACTER DALAM FILM PENDEK ANIMASI “Game ON!”

Marwan, Nadine Trinita Maharani (2022) PEMBUATAN MODEL KARAKTER 3D DENGAN PENDEKATAN TEKNIK BOX MODELING BERDASARKAN CONCEPT CHARACTER DALAM FILM PENDEK ANIMASI “Game ON!”. Diploma thesis, Politeknik Negeri Media Kreatif.

[thumbnail of Laporan Tugas Akhir_Nadine Trinita Maharani Marwan_FINAL.pdf] Text
Laporan Tugas Akhir_Nadine Trinita Maharani Marwan_FINAL.pdf

Download (930kB)

Abstract

This writing report aims to review the process of creating a 3D character model for the animated short film “Game ON!” using the box modeling technique. Lee (in Ahmad, 2013:13) explains that the box modeling technique is a polygonal modeling technique that uses low-resolution models and is referenced to high-resolution models that can be edited interactively in real time. This technique is used to facilitate the development of models from simple basic forms to more complex forms. This paper uses a descriptive research method with data collection techniques in the form of observation, literature study and distributing questionnaires through Google Form, to get a percentage of teenagers' interest in online games. Evaluation of the box modeling technique shows its effectiveness in capturing the essence of the character and supporting the visual narrative. As a result, the character created successfully represents the character design and concept that has been made and is able to convey
the story well.
Keywords: Animation, Box Modeling, 3D Character.

Laporan penulisan ini bertujuan untuk mengulas seputar proses pembuatan model karakter 3D untuk film pendek animasi “Game ON!” dengan menggunakan Teknik box modeling. Lee (dalam Ahmad, 2013:13) menjelaskan bahwa Teknik box modeling adalah teknik pemodelan poligonal yang menggunakan model resolusirendah dan direferensikan ke model ber-resolusi tinggi yang dapat diedit interaktif secara real time. Teknik ini digunakan untuk memudahkan pengembangan model dari bentuk dasar yang sederhana ke bentuk yang lebih kompleks. Penulisan ini menggunakan metode penelitian deskriptif dengan teknik pengumpulan data berupa observasi, studi pustaka dan penyebaran kuesioner melalui Google Form, untuk mendapatkan presentase ketertarikan remaja pada game online. Evaluasi teknik box modeling menunjukkan keefektifannya dalam menangkap esensi karakter dan mendukung narasi visual. Hasilnya, karakter yang dibuat berhasil merepresentasikan design dan concept karakter yang telah dibuat dan mampu menyampaikan cerita dengan baik.

Item Type: Thesis (Diploma)
Additional Information: 1. Renny Yulyati Br Lumban Toruan, S.Sn, M.Sn. 2. Bayu Saputra, S.Komp.
Uncontrolled Keywords: Keywords: Animation, Box Modeling, 3D Character Kata Kunci: Animasi, Box Modeling, Karakter 3D
Subjects: L Education > L Education (General)
N Fine Arts > NX Arts in general
Divisions: Polimedia Jakarta > Jurusan Desain > Prodi Animasi
Depositing User: Nadine Trinita Maharani Marwan
Date Deposited: 29 Aug 2024 08:08
Last Modified: 29 Aug 2024 08:08
URI: http://repository.polimedia.ac.id/id/eprint/10500

Actions (login required)

View Item
View Item