PERANCANGAN APLIKASI “TAHFIDZ AR” BERBASIS AUGMENTED REALITY SEBAGAI MOTIVASI DALAM MENGHAFAL AL-QUR’AN

Fachreza Rijal, Muhamad (2024) PERANCANGAN APLIKASI “TAHFIDZ AR” BERBASIS AUGMENTED REALITY SEBAGAI MOTIVASI DALAM MENGHAFAL AL-QUR’AN. Diploma thesis, Politeknik Negeri Media Kreatif.

[thumbnail of PERANCANGAN APLIKASI “TAHFIDZ AR” BERBASIS AUGMENTED REALITY SEBAGAI MOTIVASI DALAM MENGHAFAL AL-QUR’AN] Text (PERANCANGAN APLIKASI “TAHFIDZ AR” BERBASIS AUGMENTED REALITY SEBAGAI MOTIVASI DALAM MENGHAFAL AL-QUR’AN)
Preliminary_M. Fachreza Rijal_20240078_.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (708kB)

Abstract

The design of the “Tahfidz AR” application based on Augmented Reality (AR) aims to increase motivation and effectiveness in memorizing the Qur'an by providing 3D visualization and interactive audio. This application, designed for children, offers an enjoyable and immersive learning experience with features such as progress assessment, memorization tips, and educational games.

The challenge faced is how to create the “Tahfidz AR” application based on Augmented Reality as a motivation for memorizing the Qur'an. To address this issue, the author uses theories of Augmented Reality, Qur'an memorization (tahfidz), and Juz 30 (Juz Amma). The development method used is the Multimedia Development Life Cycle (MDLC), and the Likert scale is used to measure user satisfaction and motivation. The final result is the "Tahfidz AR" application, which is expected to increase engagement and learning motivation and have a positive impact on the ability to memorize the Qur'an.
Keywords: Augmented Reality, Application Design

Perancangan aplikasi “Tahfidz AR” berbasis Augmented Reality (AR) bertujuan meningkatkan motivasi dan efektivitas menghafal Al-Qur'an dengan menyediakan visualisasi 3D dan audio interaktif. Aplikasi ini, dirancang untuk anak-anak, menawarkan pengalaman belajar yang menyenangkan dan mendalam dengan fitur-fitur seperti penilaian kemajuan, tips menghafal, dan permainan edukatif.

Masalah yang dihadapi adalah bagaimana membuat aplikasi “Tahfidz AR” berbasis Augmented Reality sebagai motivasi dalam menghafal Al-Qur’an. Untuk mengatasi masalah ini, penulis menggunakan teori Augmented Reality, tahfidz Al-Qur'an, dan Juz 30 (Juz Amma). Metode pengembangan yang digunakan adalah Multimedia Development Life Cycle (MDLC), dan skala Likert digunakan untuk mengukur kepuasan dan motivasi pengguna. Hasil akhir adalah aplikasi "Tahfidz AR" yang diharapkan dapat meningkatkan keterlibatan dan motivasi belajar serta memberikan dampak positif pada kemampuan menghafal Al-Qur'an.
Kata Kunci: Augmented Reality, Perancangan Aplikasi

Item Type: Thesis (Diploma)
Additional Information: Rudy Cahyadi,S.Si, MT. Nofiandri Setyasmara, M.T.
Uncontrolled Keywords: Augmented Reality, Application Design, Augmented Reality, Perancangan Aplikasi
Subjects: L Education > L Education (General)
T Technology > T Technology (General)
Divisions: Polimedia Jakarta > Jurusan Desain > Prodi Teknologi Rekayasa Multimedia
Depositing User: Muhamad fachreza Rijal Khoiri
Date Deposited: 29 Aug 2024 08:44
Last Modified: 29 Aug 2024 08:44
URI: http://repository.polimedia.ac.id/id/eprint/10528

Actions (login required)

View Item
View Item