Alhamdani, Muhammad Mizard (2022) Perancangan Ilustrasi dan Karakter Pada Naskah Buku Cerita Bergambar Anak “Tidak Perlu Takut Sekolah“. Diploma thesis, Politeknik Negeri Media Kreatif.
Preliminaries-19030085.pdf
Download (2MB)
Preliminaries-19030085.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.
Download (2MB)
Abstract
Bagi anak, buku memiliki peranan penting dalam menyampaikan informasi terutama dalam bentuk buku cerita bergambar. Saat ini berbagai macam pilihan ilustrasi pada buku cerita bergambar anak dapat ditemukan, Akan tetapi dengan beragamnya pilihan tersebut, penulis sulit dalam menentukan ilustrasi yang sesuai. Sehingga dalam laporan tugas akhir ini penulis menjelaskan proses pembuatan ilustrasi dan karakter pada naskah buku cerita bergambar anak “Tidak Perlu Takut Sekolah“. Tinjauan pustaka yang penulis gunakan adalah teori bentuk ilustrasi dan karakter Ghozalli (2020), teori pembuatan ilustrasi Salisbury (2018), serta teori fungsi warna Wibowo (2013). Dalam tugas akhir ini, penulis menggunakan tiga metode pengumpulan data yaitu studi pustaka, wawancara, dan survei. Pada pembahasannya, penulis menjabarkan tahapan-tahapan pembuatan ilustrasi dan karakter meliputi praproduksi, produksi dan pascaproduksi. Berdasarkan pembahasan proses perancangan pada naskah buku cerita bergambar anak “Tidak Perlu Takut Sekolah“, penulis merancang ilustrasi dan karakter berdasarkan bentuk, jenis, dan warna yang telah sesuai dengan segmentasi pembaca yang ditargetkan.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Additional Information: | Anggun Gunawan,S.Fil.,MA Bibit Samsuri,S.Sos.,M.Si |
Uncontrolled Keywords: | Buku Cerita Bergambar, Ilustrasi, Karakter, Tidak Perlu Takut Sekolah. |
Subjects: | A General Works > AS Academies and learned societies (General) |
Divisions: | Polimedia Jakarta > Jurusan Penerbitan > Prodi Penerbitan |
Depositing User: | Muhammad Mizard Alhamdani |
Date Deposited: | 06 Sep 2022 01:59 |
Last Modified: | 06 Sep 2022 02:38 |
URI: | http://repository.polimedia.ac.id/id/eprint/193 |