PERANCANGAN BOARD GAME PENGENALAN HURUF KANJI JEPANG UNTUK REMAJA

Rizky, Athallah (2022) PERANCANGAN BOARD GAME PENGENALAN HURUF KANJI JEPANG UNTUK REMAJA. Diploma thesis, Politeknik Negeri Media Kreatf.

[thumbnail of PERANCANGAN BOARD GAME PENGENALAN HURUF KANJI JEPANG UNTUK REMAJA] Text (PERANCANGAN BOARD GAME PENGENALAN HURUF KANJI JEPANG UNTUK REMAJA)
Preliminary_19010028.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (927kB)

Abstract

Books are one of the media that are most often used as learning media. As a result of books being used as the main race for learning media, Indonesian people have a problem with this, because Indonesian people's interest in reading is still very low. Therefore, the young generation of Indonesia today will be at a loss if they do not learn new things, especially foreign languages. One of the most sought-after and sought-after foreign languages in the world of work today is Japanese. Japanese or Nihongo itself has three different types of letters, namely Hiragana, Katakana and Kanji. Of the three different types of letters, it is likely that the majority of people will be overwhelmed in learning Kanji. Based on the background of the existing problems, the author wants to design an alternative media that is easier to understand, easier to memorize and not boring, namely the Japanese Kanji Introduction Board Game which is expected to introduce Kanji to teenagers and can break the mindset that Kanji is difficult to learn.

Buku merupakan salah satu media yang paling sering digunakan sebagai media pembelajaran. Akibat seringnya buku dijadikan sebagai pacuan utama untuk media pembelajaran, masyarakat Indonesia memiliki masalah akan hal ini, karena minat baca masyarakat Indonesia masih sangatlah rendah. Maka dari itu, generasi muda Indonesia saat ini akan sangat merugi jika tidak mempelajari hal baru, terutama bahasa asing. Salah satu bahasa asing yang paling diminati dan banyak dicari di dunia kerja saat ini adalah Bahasa Jepang. Bahasa Jepang atau Nihongo sendiri memiliki tiga jenis huruf yang berbeda yaitu Hiragana, Katakana dan Kanji. Dari tiga jenis huruf yang berbeda, kemungkinan mayoritas orang akan kewalahan dalam mempelajari Kanji. Berdasarkan latar belakang masalah yang ada, penulis ingin merancang sebuah media alternatif lain yang lebih mudah dipahami, lebih mudah dihafal dan tidak membosankan yaitu Board Game pengenalan kanji Jepang yang diharapkan dapat memperkenalkan Kanji kepada remaja dan dapat memecahkan pola pikir bahwa Kanji itu sulit untuk dipelajari.

Item Type: Thesis (Diploma)
Additional Information: Pembimbing I - Drs. Hari Purnomo, M.Sn. Pembimbing II - Anggun Gunawan, S.Fil., M.A
Uncontrolled Keywords: Japanese, Kanji, Teenagers, Board Game Bahasa Jepang, Kanji, Remaja, Board Game
Subjects: N Fine Arts > NX Arts in general
Divisions: Polimedia Jakarta > Jurusan Desain > Prodi Desain Grafis
Depositing User: Athallah Rizky
Date Deposited: 30 Sep 2022 01:23
Last Modified: 30 Sep 2022 01:23
URI: http://repository.polimedia.ac.id/id/eprint/2465

Actions (login required)

View Item
View Item