PEMBUATAN 3D PLATFORMER EDUCATION GAME PADA GAME “BANGKIT!"

Chandra, Fernando (2022) PEMBUATAN 3D PLATFORMER EDUCATION GAME PADA GAME “BANGKIT!". Diploma thesis, Politeknik Negeri Media Kreatif.

[thumbnail of PEMBUATAN 3D PLATFORMER EDUCATION GAME PADA GAME  “BANGKIT!"] Text (PEMBUATAN 3D PLATFORMER EDUCATION GAME PADA GAME “BANGKIT!")
preliminary_18820018.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (906kB)

Abstract

Over time the development of technology is growing, especially the development
of the game world. In this study, the importance of discipline and punctuality
becomes a reference for the author in making a game, the author chooses a game
with the theme of education and the horror genre because they are two elements
that are quite interesting, so the author is also interested in making games with
the theme of education and the horror genre. In this game application, the author
focuses on creating game programming code, entitled Desktop-Based 3D
Platformer Educational Game with Horror Genre "Rise!", in making this game
application the author acts as a programmer who aims to create programming
code that will later be used in the game. By using the Multimedia Development
Life Cycle (MDLC) method, the author can work in parallel and gradually
according to the schedule. Questionnaire method on several respondents as data
information and author's reference in making this game. The results of this study
resulted in a game with the theme of education and the horror genre to create the
goal of making the game itself, namely discipline and punctuality

Seiring berjalan nya waktu perkembangan teknologi makin berkembang terutama
perkembangan dunia permainan. Dalam kajian ini pentingnya disiplin dan tepat
waktu menjadi sebuah acuan penulis dalam membuat sebuah game, penulis
memilih game yang bertemakan edukasi dan bergenre horror dikarenakan
merupakan dua unsur yang cukup menarik, sehingga penulis juga tertarik untuk
membuat game yang bertemakan edukasi dan bergenre horror. Pada aplikasi
permainan ini penulis fokus pada pembuatan kode pemrograman game yang
berjudul Permainan Edukasi 3D Platformer Berbasis Desktop Bergenre Horror
“Bangkit!”, pada pembuatan aplikasi permainan ini penulis berperan sebagai
programmer yang bertujuan untuk membuat kode pemrograman yang nantinya
akan digunakan dalam game tersebut. Dengan menggunakan metode Multimedia
Development Life Cycle (MDLC) penulis dapat mengerjakan secara paralel dan
bertahap sesuai penjadwalan. Metode kuesioner pada beberapa responden sebagai
data-data informasi dan referensi penulis dalam pembuatan game ini. Hasil dari
pembuatan kajian ini menghasilkan sebuah game bertemakan edukasi dan
bergenre horror untuk menciptakan tujuan dari pembuatan game itu sendiri, yakni
disiplin dan tepat waktu kepada para pemain.

Item Type: Thesis (Diploma)
Additional Information: 1. Dipl. Deddy Stevano H. Tobing, M.Si. 2. Maulana Rizqi, S.T., M.T., M.Sc.
Uncontrolled Keywords: 3D, game, programming, edukasi, horror, asset, disiplin, tepat waktu
Subjects: N Fine Arts > NX Arts in general
Divisions: Polimedia Jakarta > Jurusan Desain > Prodi Teknologi Permainan
Depositing User: Fernando Chandra
Date Deposited: 17 Oct 2022 06:44
Last Modified: 20 Oct 2022 00:40
URI: http://repository.polimedia.ac.id/id/eprint/2562

Actions (login required)

View Item
View Item