PEMBELAJARAN HURUF ALFABET DALAM BENTUK APLIKASI BERBASIS ANDROID MENGGUNAKAN AUGMENTED REALITY UNTUK RA AL YANI CIMANGGIS

Ramadhan, Mutia (2022) PEMBELAJARAN HURUF ALFABET DALAM BENTUK APLIKASI BERBASIS ANDROID MENGGUNAKAN AUGMENTED REALITY UNTUK RA AL YANI CIMANGGIS. Diploma thesis, Politeknik Negeri Media Kreatif Jakarta.

[thumbnail of PEMBELAJARAN HURUF ALFABET DALAM BENTUK APLIKASI BEERBASIS ANDROID MENGGUNAKAN AUGMENTED REALITY UNTUK RA AL YANI CIMANGGIS] Text (PEMBELAJARAN HURUF ALFABET DALAM BENTUK APLIKASI BEERBASIS ANDROID MENGGUNAKAN AUGMENTED REALITY UNTUK RA AL YANI CIMANGGIS)
Preliminary_19012097.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (1MB)

Abstract

This final project is motivated by problems in learning the letters of the alphabet at RA Al Yani Cimanggis. For this reason, the formulation of the problem raised is "How to design learning media about the alphabet in the form of an Android-based application with augmented reality for RA Al Yani Cimanggis?". This is done by means of observation, literature study and interviews. The “Learning Alphabet” application is made in three stages, namely pre-production, production and post-production. In the pre-production stage, the designer performs four work steps, which include (1) Problem Identification, (2) Data Collection, (3) formulation of concept ideas, (4) system design and sketch design. Furthermore, at the production stage, the author performs three steps of work, which include (1) Creating Design Assets, (2) Application Programming Process, (3) Application Build. And the last stage is the post-production stage, the author does 2 steps of work, namely (1) Trial and (2) Publish Application. Through these three stages, as the designer of the work, the author has succeeded in making the "Learning Alphabet" application that can be used as a learning medium at RA Al Yani Cimanggis.

Tugas akhir ini dilatarbelakangi adanya permasalahan pada pembelajaran huruf alfabet di RA Al Yani Cimanggis. Untuk itu, rumusan masalah yang diangkat adalah “Bagaimana perancangan media pembelajaran tentang alfabet dalam bentuk aplikasi berbasis Android dengan augmented reality untuk RA Al Yani Cimanggis?”. Ini dilakukan dengan teknik observasi, studi pustaka dan wawancara. Aplikasi “Belajar Alfabet” dibuat melalui tiga tahap, yaitu praproduksi, produksi dan pascaproduksi. Pada tahap praproduksi, perancang melakukan empat langkah pekerjaan, yang mencakup (1) Identifikasi Masalah, (2) Pengumpulan Data, (3) Perumusan Konsep Ide, (4) Perancangan Sistem dan Perancangan Sketsa. Selanjutnya, pada tahap produksi, penulis melakukan tiga langkah pekerjaan, yang mencakup (1) Membuat Aset Desain, (2) Proses Pemrograman Aplikasi, (3) Build Aplikasi. Dan tahap terakhir ialah tahap pascaproduksi, penulis melakukan 2 langkah pekerjaan, yaitu (1) Uji Coba dan (2) Publish Aplikasi. Melalui ketiga tahapan tersebut, sebagai perancang karya, penulis telah berhasil membuat aplikasi “Belajar Alfabet” yang dapat digunakan sebagai media pembelajaran di RA Al Yani Cimanggis.

Item Type: Thesis (Diploma)
Additional Information: Rudy Cahyadi, M.T Suratni, S,S,M.Hum
Uncontrolled Keywords: Alphabet, Application, Augmented Reality, Android Alfabet, Aplikasi, Augmented Reality,Android
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Polimedia Jakarta > Jurusan Desain > Prodi Teknologi Rekayasa Multimedia
Depositing User: Mutia Ramadhan
Date Deposited: 01 Sep 2022 02:44
Last Modified: 01 Sep 2022 02:45
URI: http://repository.polimedia.ac.id/id/eprint/279

Actions (login required)

View Item
View Item