PEMBUATAN MEDIA PROMOSI PRODUK MAKANAN LOKAL "SOSIS SOLO MAMA IYAH" BERBASIS AUGMENTED REALITY

Adnin Haudhil Kautsar, Alifia (2022) PEMBUATAN MEDIA PROMOSI PRODUK MAKANAN LOKAL "SOSIS SOLO MAMA IYAH" BERBASIS AUGMENTED REALITY. Diploma thesis, Politeknik Negeri Media Kreatif.

[thumbnail of PEMBUATAN MEDIA PROMOSI PRODUK MAKANAN LOKAL "SOSIS SOLO MAMA IYAH" BERBASIS AUGMENTED REALITY] Text (PEMBUATAN MEDIA PROMOSI PRODUK MAKANAN LOKAL "SOSIS SOLO MAMA IYAH" BERBASIS AUGMENTED REALITY)
Preliminary_19012010.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (892kB)

Abstract

COVID (Corona Virus Disease) has been immobilize some sector, especially the economic sector. One of the economic sector who has been feeling a huge impact is usaha mikro, kecil, menengah (UMKM). One of the UMKM’s executant who feel a huge impact from the pandemic is Sosis Solo Mama Iyah who sell a traditional food product from Solo, Central Java. To resolve the problems, online promotion media has been made with an interesting Augmented Reality technology for Sosis Solo Mama Iyah so that can compete with other businesses and have different characteristics from competitors. The method used is a descriptive qualitative method using interview, observation, literature studies, and questionnaires. In this application, the main content is provided in the form of 3D Motion videos in the form of additional reality or Augmented Reality which contains a discount coupon or discount that can be used by Sosis Solo Mama Iyah customers. This application has been tested with a percentage of 92.93% and it can be interpreted that the SOSLO MAYAH application is very feasible to be published and used in general.
Keywords : UMKM, Sosis Solo Mama Iyah, Augmented Reality, local food product, online promotion.
COVID (Corona Virus Disease) melumpuhkan berbagai sektor terutama sektor perekonomian. Salah satu sektor perekonomian yang merasakan dampak besar adalah sektor usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM). Salah satu pelaku UMKM yang merasakan dampak besar dari pandemi adalah Sosis Solo Mama Iyah yang menjual produk makanan tradisional yang berasal dari Solo, Jawa Tengah. Untuk mengatasi permasalahan tersebut, dibuatlah media promosi online yang menarik dengan Augmented Reality untuk Sosis Solo Mama Iyah sehingga dapat bersaing dengan usaha lainnya dan memiliki ciri khas yang berbeda dari kompetitor. Metode yang digunakan berupa metode kualitatif yang bersifat deskriptif dengan menggunakan teknik wawancara, observasi, studi pustaka, dan kuesioner. Dalam aplikasi ini disediakan konten utama berupa video 3D Motion dalam bentuk realitas tambahan atau Augmented Reality yang berisi sebuah kupon diskon/potongan harga yang bisa digunakan oleh pelanggan Sosis Solo Mama Iyah. Aplikasi ini telah dilakukan uji coba dengan presentase 92,93% dan dapat diartikan bahwa aplikasi SOSLO MAYAH sudah Sangat Layak untuk dipublikasikan dan digunakan secara umum.
Kata Kunci: UMKM, Sosis Solo Mama Iyah, Augmented Reality, produk makanan lokal, promosi online.

Item Type: Thesis (Diploma)
Additional Information: Agung Budi Prasetyo, MT Rudy Cahyadi, MT
Subjects: L Education > L Education (General)
N Fine Arts > N Visual arts (General) For photography, see TR
N Fine Arts > NX Arts in general
Divisions: Polimedia Jakarta > Jurusan Desain > Prodi Teknologi Rekayasa Multimedia
Depositing User: Alifia Adnin Haudhil Kautsar
Date Deposited: 14 Oct 2022 09:18
Last Modified: 14 Oct 2022 09:18
URI: http://repository.polimedia.ac.id/id/eprint/2920

Actions (login required)

View Item
View Item