Pembuatan Aplikasi Augmented Reality Berbasis Android untuk Pembelajaran Teori dan Struktur Atom Kimia di SMA Negeri 7 Depok

Rambe, Muhammad Zidan (2022) Pembuatan Aplikasi Augmented Reality Berbasis Android untuk Pembelajaran Teori dan Struktur Atom Kimia di SMA Negeri 7 Depok. Diploma thesis, Politeknik Negeri Media Kreatif.

[thumbnail of Pembuatan Aplikasi Augmented Reality Berbasis Android untuk Pembelajaran Teori dan Struktur Atom Kimia di SMA Negeri 7 Depok] Text (Pembuatan Aplikasi Augmented Reality Berbasis Android untuk Pembelajaran Teori dan Struktur Atom Kimia di SMA Negeri 7 Depok)
Preliminary_19012096.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (385kB)

Abstract

Chemistry is one of the subjects that specialize in science major in indonesian highschool. Chemistry is the science that deals with the properties, composition, and structure of substances (defined as elements and compounds). Currently, the learning method of the subject mostly still use direct learning such as books and powerpoint presentation and there is no interactive media used as a learning media. To improve student’s understanding, new media are needed so they can be more interested at chemistry subject. Final project “Pembuatan Aplikasi Augmented Reality Berbasis Android untuk Pembelajaran Teori dan Struktur Atom Kimia SMA” aims to produce new learning media to helps students get better understanding at Atomic Theories and Structure. In the working of this project, the writer collects data through an observation and interviews. The result showed that Archemy can run properly at several version of android, easy to understand, and can provide informative and useful material. Based on the result of the test, Archemy is considered very suitable as a learning medium to help students understand Atomic Theories and Structure.
Keywords: Atom Theories, Atom Structure, Learning Media, Augmented Reality
Kimia merupakan salah satu pelajaran yang menjadi salah satu mata pelajaran peminatan dalam jurusan IPA SMA di Indonesia. Ilmu Kimia adalah ilmu yang mempelajari tentang susunan, struktur, sifat, perubahan materi serta energi yang menyerupai perubahan tersebut. Saat ini, metode pembelajaran kimia di SMA mayoritas masih menggunakan metode pembelajaran langsung seperti buku dan presentasi powerpoint dan belum adanya media interaktif yang digunakan sebagai sarana penyampaian media pembelajaran. Untuk meningkatkan pemahaman peserta didik, diperlukan media pembelajaran baru yang dapat memikat siswa untuk lebih tertarik pada pembelajaran. Tugas akhir yang berjudul “Pembuatan Aplikasi Augmented Reality Berbasis Android untuk Pembelajaran Teori dan Struktur Atom Kimia SMA” ini bertujuan untuk menghasilkan media pembelajaran baru untuk membantu pemahaman siswa mengenai materi Teori dan Struktur Atom. Dalam penulisan tugas akhir ini penulis mengumpulkan data melalui observasi dan wawancara. Hasil penelitian menunjukan bahwa Archemy dapat dijalankan dengan interaksi yang baik dengan pengguna, mudah dipahami, dapat memberikan materi yang informatif dan bermanfaat. Berdasarkan hasil uji aplikasi, Archemy dinilai sangat layak digunakan sebagai media pembelajaran untuk membantu pemahaman siswa mengenai materi Teori dan Struktur Atom.
Kata kunci: Teori Atom, Struktur Atom, Media Pembelajaran, Augmented Reality

Item Type: Thesis (Diploma)
Additional Information: Rudy Cahyadi, M.T Nofiandri Setyasmara,, M.T
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QD Chemistry
T Technology > T Technology (General)
Divisions: Polimedia Jakarta > Jurusan Desain > Prodi Teknologi Rekayasa Multimedia
Depositing User: Muhammad Zidan Rambe
Date Deposited: 18 Oct 2022 03:44
Last Modified: 18 Oct 2022 03:44
URI: http://repository.polimedia.ac.id/id/eprint/3138

Actions (login required)

View Item
View Item