PEMBUATAN APLIKASI AUGMENTED REALITY PADA CLUB PANAH THREE PILLAR ARCHERY SEBAGAI MEDIA PROMOSI BERBASIS ANDROID

Zaeni, Azmi (2022) PEMBUATAN APLIKASI AUGMENTED REALITY PADA CLUB PANAH THREE PILLAR ARCHERY SEBAGAI MEDIA PROMOSI BERBASIS ANDROID. Diploma thesis, Politeknik Negeri Media Kreatif.

[thumbnail of PEMBUATAN APLIKASI AUGMENTED REALITY PADA  CLUB PANAH THREE PILLAR ARCHERY SEBAGAI MEDIA  PROMOSI BERBASIS ANDROID] Text (PEMBUATAN APLIKASI AUGMENTED REALITY PADA CLUB PANAH THREE PILLAR ARCHERY SEBAGAI MEDIA PROMOSI BERBASIS ANDROID)
Doc-TA-18810168-AzmiZaeni NEW - Repository.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (2MB)

Abstract

Dalam metode pemasaran yang digunakan oleh pihak club Three Pillar Archery yang masih menjual produknya dengan metode penjualan di tempat atau offline, makan pihak club harus menemukan cara yang lebih inovatif lagi dalam memasarkan produknya. Membuat pemasaran dengan cara dari mulut ke mulut dan membuat story whatsapp menjadikanya pangsa pasar yang kurang luas. Maka penulis mempunyai solusi dalam masalah tersebut yaitu membuat aplikasi Augmented Reality atau yang biasa disebut dengan AR dengan nama Three Pillar Store sebagai alat pendukung media promosi. Pada aplikasi Augmented Reality ini diperlukan beberapa object 3D (tiga dimensi) produk sebagai item yang akan di jual, kemudian menggunakan sistem tracking, aplikasi ini akan melacak serta mendeteksi marker (penanda), lalu 3D akan muncul di atas marker. Dengan dibuatnya aplikasi ini diharapkan dapat bermanfaat untuk club panah Three Pillar Archery dan pembeli sehingga akan terjadi peningkatan minat pembeli terhadap produk yang ditawarkan serta semakin dikenal oleh masyarakat luas dalam dunia panahan.

In the marketing method used by the Three Pillar Archery club, which still sells on-site or offline sales methods, the club must find more innovative ways to market the product. Making marketing by word of mouth and making WhatsApp stories makes it a less broad market share. So the author has a solution to this problem, namely making an Augmented Reality application or commonly referred to as AR by the name of the Three Pillar Store as a promotional media support tool. In this Augmented Reality application, several 3D (three-dimensional) products are needed as items to be sold, then using a tracking system, this application will track and detect markers, then 3D will appear above the marker. By making this application, it is hoped that it can be useful for the Three Pillar Archery arrow club and buyers so that it will increase buyer interest in the products offered and known by the wider community in the archery world.

Item Type: Thesis (Diploma)
Additional Information: Pembimbing 1 Agung Budi Prasetyo, MT Pembimbing 2 Dr. Tipri Rose Kartika, S.E, M.M
Uncontrolled Keywords: Three Pillar Archery, Club Panahan, Augmented Reality, Android, Unity, Vuforia.
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LG Individual institutions (Asia. Africa)
L Education > LT Textbooks
N Fine Arts > NC Drawing Design Illustration
T Technology > T Technology (General)
Divisions: Polimedia Jakarta > Jurusan Desain > Prodi Teknologi Rekayasa Multimedia
Depositing User: AZMI ZAENI
Date Deposited: 21 Oct 2022 02:45
Last Modified: 21 Oct 2022 02:45
URI: http://repository.polimedia.ac.id/id/eprint/3299

Actions (login required)

View Item
View Item