PERANCANGAN MEDIA GAMBAR ANIMASI 2D UNTUK ANAK USIA DINI DALAM MENGENAL HURUF ALFABET

Aulia, Dinda (2022) PERANCANGAN MEDIA GAMBAR ANIMASI 2D UNTUK ANAK USIA DINI DALAM MENGENAL HURUF ALFABET. Diploma thesis, POLITEKNIK NEGERI MEDIA KREATIF.

[thumbnail of PERANCANGAN MEDIA GAMBAR ANIMASI 2D UNTUK ANAK USIA DINI DALAM MENGENAL HURUF ALFABET] Text (PERANCANGAN MEDIA GAMBAR ANIMASI 2D UNTUK ANAK USIA DINI DALAM MENGENAL HURUF ALFABET)
preliminary_19152018.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (3MB)

Abstract

Kemampuan anak usia dini dalam membaca sangatlah kurang. Anak usia dini umumnya enggan untuk membaca. Kita memerlukan cara untuk mengatasi permasalahan tersebut. Salah satu cara yang dapat kita gunakan dalam mengatasi permasalahan ini adalah media pembelajaran video animasi 2D yang menarik agar dapat merangsang minat baca pada anak. Media yang dapat digunakan salah satunya adalah media pembelajaran video animasi 2D. Berdasarkan pengamatan terhadap kegiatan belajar pada Paud Melati Harum di temukan masalah yang berkaitan dengan kemampuan anak dalam mengenal huruf. Berdasarkan hasil observasi dari 25 orang anak, anak dengan peningkatan kemampuan pengenalan huruf ada 18 orang, sementara anak yang membutuhkan bimbingan lebih ada 7 orang. Berdasarkan observasi diatas, penulis ingin meningkatkan kemampuan mengenal huruf, terutama huruf alfabet pada anak melalui media gambar. Setelah melalui proses penelitian perbaikan pembelajaran dapat disimpulkan bahwa ada peningkatan hasil belajar anak dalam mengenal huruf alfabet melalui peroses belajar yang menarik dan menyenangkan.

Early childhood ability in reading is very lacking. Young children usually refuse to read. We need a way to solve this problem. One of the ways we can use to overcome this problem is an interesting 2D animated video learning media that can stimulate interest in reading among children. One of the media that can be used is 2D animated video learning media. Based on the observation of learning activities in Early Childhood Education, Melati Harum found problems related to children's ability to recognize letters. Based on observations from 25 children, there were 18 children who experienced improved literacy skills, while there were 7 children who needed more guidance. Based on the above observations, the author would like to improve the ability to recognize letters, especially letters of the alphabet in children through image media. After going through the process of learning improvement research, it can be concluded that there is an improvement in children's learning outcomes in recognizing the letters of the alphabet through an interesting and fun learning process.

Item Type: Thesis (Diploma)
Additional Information: Komda Saharja,S.Kom.,M.Pd Efrizal Siregar,S.Pd,M.Pd
Uncontrolled Keywords: Video, Animation, Letter
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Polimedia Medan > Prodi Multimedia
Depositing User: Dinda Aulia
Date Deposited: 25 Oct 2022 07:22
Last Modified: 25 Oct 2022 07:22
URI: http://repository.polimedia.ac.id/id/eprint/3608

Actions (login required)

View Item
View Item