PEMBUATAN VIDEO IKLAN PRODUK KECANTIKAN 3G BEST’Z

AL-ARIF, MUHAMMAD FEBRIANSYAH (2022) PEMBUATAN VIDEO IKLAN PRODUK KECANTIKAN 3G BEST’Z. Diploma thesis, POLITEKNIK NEGERI MEDIA KREATIF.

[thumbnail of JUDUL TUGAS AKHIR] Text (JUDUL TUGAS AKHIR)
Preliminary_19152053..pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (1MB)

Abstract

Zaman sekarang perkembangan media dan teknologi sudah semakin canggih,
terkhusus dalam dunia kecantikan, semakin banyak produk unggul yang bersaing di
pasar penjualan membuat konsumen bingung dalam memilih mana produk yang baik
dan layak untuk digunakan. Dengan berkembangnya media digital, teknologi produk
dan jasa membuat perkembangan media promosi juga semakin berkembang, salah
satunya video komersial. Pembuatan video komersial tidak selalu tentang informasi
produk atau jasanya, melainkan video komersial yang efektif memiliki suatu pesan atau
makna yang terkandung dan dapat disampaikan dengan menarik perhatian penonton.
Oleh karena itu, tugas akhir ini diproduksi dengan tujuan sebagai alat promosi produk
kecantikan 3G BEST’Z berupa media informasi dalam bentuk video iklan yang efektif.
Adapun metode penelitian yang digunakan ialah deskriptif kualitatif berupa proses
pembutan video iklan produk kecantikan serta hasil video iklan yang diperoleh, dengan
teknik pengumpulan data melalui proses wawancara dan observasi langsung dengan
penanggung jawab produk 3G BEST’Z untuk mendapat data yang akurat dan hasil
produksi yang maksimal. Adapun hasil dari tugas akhir ini berupa sebuah karya video
iklan produk kecantikan 3G BEST’Z yang diproses melalui 3 tahapan yaitu 1).
Praproduksi, dimana peneliti mengekspolor ide, membuat storyboard, merencanakan
waktu, dan persiapan alat dan objek; 2). Produksi, pengambilan footage, penentuan
angel camera movement, menyusun konsep sesuai dengan storyboard yang telah di
buat; 3). Pasca produksi, melakukan editing offline dan editing online sehingga
menghasilkan video iklan yang menarik perhatian penonton.

Nowadays, the development of media and technology has become more
sophisticated, especially in the world of beauty, more and more superior products are
competing in the sales market, making consumers confused in choosing which products
are good and feasible to use. Making commercial videos is not always about product
or service information, but effective commercial videos have a message or meaning
contained and can be conveyed by attracting the attention of the viewers. However,
there are still beauty product advertisement videos that only focus on providing
information about their products without any messages or implied meanings contained
in them so that they are considered less attractive. The research method used is
descriptive qualitative in the form of the process of making video advertisements for
beauty products and the results of video advertisements obtained, with data collection
techniques through interviews and direct observations with the person in charge of 3G
BEST'Z products to obtain accurate data and maximum production results. The results
of this final project are in the form of a video advertisement for 3G BEST'Z beauty
products which is processed through 3 stages, namely 1). Preproduction, where the
writer explores ideas, makes storyboards, plans time, and prepares tools and objects;
2).Production, taking footage, determining camera movement angles, compiling
concepts according to the storyboard that has been made; 3). Post-production, doing
offline editing and online editing so as to produce advertisement videos that attract the
attention of the viewers.

Item Type: Thesis (Diploma)
Additional Information: Drs. H. Salam Irianto Nadeak, M.Pd Siti Aisyah, S.Pd, M.Si
Uncontrolled Keywords: Advertising, Beauty products, video
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Polimedia Medan > Prodi Multimedia
Depositing User: MUHAMMAD FEBRIANSYAH AL-ARIF
Date Deposited: 03 Nov 2022 09:21
Last Modified: 03 Nov 2022 09:21
URI: http://repository.polimedia.ac.id/id/eprint/4159

Actions (login required)

View Item
View Item