Perancangan Busana Anak dengan Pengembangan Motif Liris pada Batik Tegal (Studi Kasus Brand Cempaka Mulia)

Nuraida, Eliya (2023) Perancangan Busana Anak dengan Pengembangan Motif Liris pada Batik Tegal (Studi Kasus Brand Cempaka Mulia). Diploma thesis, Politeknik Negeri Media Kreatif.

[thumbnail of Perancangan Busana Anak dengan Pengembangan Motif Liris pada Batik Tegal (Studi Kasus Brand Cempaka Mulia)] Text (Perancangan Busana Anak dengan Pengembangan Motif Liris pada Batik Tegal (Studi Kasus Brand Cempaka Mulia))
LAPORAN TUGAS AKHIR_ELIYA NURAIDA_19022027-1-14.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (937kB)

Abstract

The Cempaka Mulia brand is one of the brands incorporated in the Griya Batik Tegal showroom. The Cempaka Mulia brand only produces blouses and outerwear for women's clothing, and full- printed shirts for men's clothing. The author collected data through interviews with the owner of the Cempaka Mulia brand. What was found was that there were obstacles in developing new product innovations due to the limited ability of the craftsmen to fashion design. The purpose of this research is to carry out the product diversification stage by developing new innovative products in the form of children's clothing aged 6-12 years combined with exploration of the development of the Tegal Liris motif. Based on the data that has been collected and knowing the partners' needs, the author can develop a new innovative product, namely designing children's clothing with the development of Morif Liris Tegal, so that the motifs appear younger so that they are suitable to be combined with children's clothing. The conclusion based on the research that the author has gone through is, making children's clothing aged 6-12 years and carrying out the exploration stage of the Liris Tegal motif using printing techniques, and the author uses materials that are comfortable to use in children's clothing.

Keyword : Kidswear, Liris Motifs of Tegal, Diversification

Brand Cempaka Mulia merupakan salah satu brand yang tergabung dalam showroom Griya Batik Tegal. Brand Cempaka Mulia hanya memproduksi blouse dan outer untuk busana wanita, dan kemeja full motif untuk busana pria. Penulis melakukan pengumpulan data melalui wawancara dengan owner brand Cempaka Mulia, yang didapatkan yaitu adanya kendala dalam mengembangkan inovasi produk baru karena keterbatasan kemampuan para pengrajin terhadap desain busana. Tujuan dilakukannya penelitian ini untuk melakukan tahap diversifikasi produk dengan mengembangkan produk inovasi baru berupa busana anak usia 6-12 tahun dengan dipadukan eksplorasi pengembangan motif Liris Tegal. Berdasarkan dari data yang sudah dikumpulkan dan mengetahui kebutuhan mitra, penulis dapat mengembangkan produk inovasi baru yaitu perancangan busana anak dengan pengembangan Morif Liris Tegal, agar motif terkesan lebih muda sehingga cocok dipadukan pada busana anak. Kesimpulan berdasarkan penelitian yang sudah penulis lalui adalah, membuat busana anak usia 6-12 tahun dan melakukan tahap eksplorasi motif Liris Tegal dengan menggunakan teknik printing, serta penulis menggunakan bahan yang nyaman digunakan pada busana anak.

Kata Kunci : Busana Anak, Motif Liris Tegal, Diversifikasi

Item Type: Thesis (Diploma)
Additional Information: 1. Rina Watye, M.Ds 2. Ingrid Veronica Kusumawardani, S.S., M.Pd
Uncontrolled Keywords: Busana Anak, Motif Liris Tegal, Diversifikasi
Subjects: L Education > L Education (General)
N Fine Arts > NC Drawing Design Illustration
Divisions: Polimedia Jakarta > Jurusan Desain > Prodi Desain Mode
Depositing User: Eliya Nuraida
Date Deposited: 04 Aug 2023 08:47
Last Modified: 04 Aug 2023 08:47
URI: http://repository.polimedia.ac.id/id/eprint/4353

Actions (login required)

View Item
View Item