DESAIN DAN LABELLING KEMASAN DALAM MENINGKATKAN CITRA MEREK PRODUK LELE OLAHAN PADA UMKM BERKAH USAHA

Fayza, Siti Zahra (2023) DESAIN DAN LABELLING KEMASAN DALAM MENINGKATKAN CITRA MEREK PRODUK LELE OLAHAN PADA UMKM BERKAH USAHA. Diploma thesis, Politeknik Negeri Media Kreatif.

[thumbnail of DESAIN DAN LABELLING KEMASAN DALAM MENINGKATKAN CITRA MEREK PRODUK LELE OLAHAN PADA UMKM BERKAH USAHA] Text (DESAIN DAN LABELLING KEMASAN DALAM MENINGKATKAN CITRA MEREK PRODUK LELE OLAHAN PADA UMKM BERKAH USAHA)
Peliminary_20010067.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (736kB)

Abstract

Desain dan Labelling pada Kemasan merupakan faktor penting dalam penjualan karena kemasan akan menjadi gambaran produk yang ada didalamnya, hal ini dapat mempengaruhi konsumen dalam mengambil keputusan untuk membeli suatu produk. Di UMKM mitra, belum tersedia sumber daya yang memiliki keahlian khusus dalam hal desain dan label kemasan yang memenuhi standar yang diperlukan. Tujuan dari penulisan ini untuk membantu mitra dalam meningkatkan citra merek produk mereka melalui redesain kemasan produknya dan mengetahui seberapa penting desain dan label pada kemasan. Pada pelaksanaannya penulis menggunakan metode kuesioner yang berisi pernyataan mengenai perbandingan kemasan asli Lele Olahan dengan kemasan yang sudah di redesain diantaranya mengenai ketertarikan konsumen terhadap kedua kemasan tersebut mana yang lebih memiliki citra yang baik dalam benak konsumen. Kuesioner diberikan kepada 25 responden dengan usia rata-rata 20 tahun. Hasil dari kuesioner tersebut menunjukan sebanyak 68% responden menyatakan sangat setuju bahwa desain dan labelling kemasan produk Lehan yang dibuat oleh penulis dapat lebih dikenal dengan baik walaupun hanya dilihat dari desainnya, sedangkan desain kemasan asli Lehan hanya mendapat 40% suara bahwa desain dapat dikenal dengan baik. Hal ini menunjukan desain dan label yang baik dan sesuai standar dapat meningkatkan citra yang baik juga terhadap merek produknya.

Packaging design and labeling is an important factor in sales because the packaging will be a picture of the product inside, this can influence consumers in making decisions to buy a product. In partner, there are no experts who have knowledge of packaging design and labeling in accordance with standards. The purpose of this paper is to assist partners in improving the brand image of their products through the redesign of their product packaging and find out how important the design and labeling on the packaging is. in its implementation, the author uses a questionnaire method which contains statements regarding the comparison of the original packaging of Lehan with the redesigned packaging, including consumer interest in the two packages, which one has a better image in the minds of consumers. The questionnaire was given to 25 respondents with an average age of 20 years. The results of the questionnaire showed that 68% of respondents strongly agreed that the design and labeling of Lehan’s product packaging made by the author could be better recognized even though it was only seen from the design, while Lehan’s original packaging design only received 40% of the votes that the design could be well recognized. This shows that good design and labeling and according to standards can improve a good image of the product brand.

Item Type: Thesis (Diploma)
Additional Information: 1. Drs. A. Sarmada, S.T., M.Pd. 2. Dimas Bayu Pinandoyo, S.Si., M.Sc.
Uncontrolled Keywords: Citra Merek, Desain, Label, Kemasan
Subjects: L Education > L Education (General)
N Fine Arts > NC Drawing Design Illustration
Divisions: Polimedia Jakarta > Jurusan Teknik Grafika > Prodi Teknik Kemasan
Depositing User: Siti Zahra Fayza
Date Deposited: 14 Aug 2023 08:27
Last Modified: 14 Aug 2023 08:27
URI: http://repository.polimedia.ac.id/id/eprint/4926

Actions (login required)

View Item
View Item