PERANCANGAN MEDIA EDUKASI UNTUK KAMPANYE EMERGENCY CALL (119) BAGI WARGA DEPOK

Syafaatya Ibrahim, Intan (2023) PERANCANGAN MEDIA EDUKASI UNTUK KAMPANYE EMERGENCY CALL (119) BAGI WARGA DEPOK. Diploma thesis, Politeknik Negeri Media Kreatif Jakarta.

[thumbnail of PERANCANGAN MEDIA EDUKASI UNTUK KAMPANYE  EMERGENCY CALL (119) BAGI WARGA DEPOK] Text (PERANCANGAN MEDIA EDUKASI UNTUK KAMPANYE EMERGENCY CALL (119) BAGI WARGA DEPOK)
Preliminary_20100069.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (971kB)

Abstract

Emergency call adalah sebuah sistem manajemen keluhan yang dibuat oleh pemerintah yang berfungsi untuk menampung dan membantu keluhan dari masyarakat yang bersifat gawat darurat. 119 merupakan layanan panggilan nomor darurat untuk kasus gawat darurat kesehatan. Penulis menggunakan metode kualitatif pada perancangan tugas akhir ini, dengan mencari informasi dengan melakukan wawancara. Tujuan dan manfaat perancangan tugas akhir ini untuk mengedukasi masyarakat Depok agar lebih sadar akan betapa pentingnya menggunakan nomor panggilan darurat apabila mengalami suatu kasus gawat darurat. Di Indonesia sendiri salah satunya kota Depok banyak masyarakat yang belum mengetahui seputar emergency call 119 seperti cara menggunakannya, alur dan prosedur kerja dan sebagainya. Maka dari itu penulis merasa perlu untuk merancang media edukasi mengenai emergency call 119 untuk mengedukasi masyarakat Depok untuk lebih sadar akan betapa pentingnya menggunakan nomor panggilan darurat apabila mengalami suatu kasus gawat darurat.
Kata Kunci: Emergency Call, Media Edukasi
Emergency call is a complaint management system made by the government that functions to accommodate and assist complaints from the public that are emergency in nature. 119 is an emergency number calling service for health emergency cases. The author uses qualitative methods in designing this final project, by seeking information by conducting interviews. The purpose and benefits of designing this final project are to educate the people of Depok to be more aware of the importance of using emergency call numbers when experiencing an emergency case. In Indonesia, one of them is the city of Depok, many people do not know about emergency call 119, such as how to use it, workflow and procedures and so on. Therefore the author feels the need to design educational media regarding emergency call 119 to educate the people of Depok to be more aware of how important it is to use emergency call numbers when experiencing an emergency case.
Keywords: Emergency Call, Educational Media

Item Type: Thesis (Diploma)
Additional Information: 1. Widi Sriyanto, S.Pd., M.Pd. 2. Heri Wijayanto, M.Sn.
Uncontrolled Keywords: Emergency Call, Media Edukasi.
Subjects: L Education > L Education (General)
N Fine Arts > N Visual arts (General) For photography, see TR
Divisions: Polimedia Jakarta > Jurusan Desain > Prodi Desain Grafis
Depositing User: Intan Syafaatya Ibrahim
Date Deposited: 15 Aug 2023 04:16
Last Modified: 15 Aug 2023 04:16
URI: http://repository.polimedia.ac.id/id/eprint/4986

Actions (login required)

View Item
View Item