LAPORAN TUGAS AKHIR PEMBUATAN STORYBOARD YOUTUBE “LET’S EXPLORE INDONESIA WITH DOLANESIA” UNTUK MENINGKATKAN BRAND AWARENESS DOLANESIA TAHUN 2023

Rara Kinanti, Exally (2023) LAPORAN TUGAS AKHIR PEMBUATAN STORYBOARD YOUTUBE “LET’S EXPLORE INDONESIA WITH DOLANESIA” UNTUK MENINGKATKAN BRAND AWARENESS DOLANESIA TAHUN 2023. Diploma thesis, Politeknik Negeri Media Kreatif.

[thumbnail of Pembuatan Storyboard Youtube "Let's Explore Indonesia With Dolanesia" Untuk Meningkatkan Brand Awareness Dolanesia Tahun 2023] Text (Pembuatan Storyboard Youtube "Let's Explore Indonesia With Dolanesia" Untuk Meningkatkan Brand Awareness Dolanesia Tahun 2023)
Preliminary_20330053_Exally Rara Kinanti.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (2MB)

Abstract

Dolanesia is a digital platform that specializes in tours and travel. The lack of
awareness of the Indonesian people makes Dolanesia need to increase Brand
Awareness. One of the ways to increase Brand Awareness is to create a positioning
where Dolanesia can create an image in the minds of the public, and one way that
helps to create positioning is by creating a tagline. Creating a tagline that is easy
to remember can support the public to remember the brand. Then Dolanesia
created the "Let's Explore Indonesia With Dolanesia" project in the form of
Youtube video content which aims to increase Brand Awareness. The author as a
Content Writer is responsible for creating a storyboard where the author
conceptualizes the storyline of the video content. Some of the methods that the
author uses in making this project are observation, interviews, and literature
studies. Dolanesia, which was initially still unaware of the brand, has increased to
brand recognition because of the creation of storyboard concepts that the author
made, making Dolanesia invited to collaborate with an institution and Dolanesia's
youtube account has developed.

Keywords: Advertising, Content Writer, Storyboard, Tagline, Brand Awareness.

Dolanesia merupakan digital platform yang bergerak pada bidang tour and travel.
Kurangnya kesadaran masyarakat Indonesia membuat Dolanesia perlu
meningkatkan Brand Awareness. Salah satu cara untuk meningkatkan Brand
Awareness adalah dengan membuat positioning dimana Dolanesia dapat membuat
citra pada benak masyarakat, dan salah satu cara yang membantu untuk membuat
positioning adalah dengan pembuatan tagline. Pembuatan tagline yang mudah
diingat dapat mendukung masyarakat untuk mengingat brand tersebut. Kemudian
Dolanesia membuat project “Let’s Explore Indonesia With Dolanesia” yang
berupa konten video Youtube yang bertujuan untuk meningkatkan Brand
Awareness. Penulis sebagai Content Writer bertanggung jawab untuk membuat
storyboard dimana penulis membuat konsep jalan cerita dari konten video tersebut.
Beberapa metode yang penulis gunakan dalam pembuatan project ini adalah
melalui observasi, wawancara, dan studi pustaka. Dolanesia yang awalnya masih
unaware of brand pun mengalami peningkatan menjadi brand recognation karena
dari pembuatan konsep-konsep storyboard yang penulis buat, membuat Dolanesia
diajak untuk melakukan kolaborasi oleh suatu instansi dan mengalami
perkembangan pada akun Youtube.

Kata Kunci : Periklanan, Content Writer, Storyboard, Tagline, Brand
Awareness

Item Type: Thesis (Diploma)
Additional Information: 1. Pembimbing I : Zaenab, S.S., M.Si 2. Pembimbing II : Martin Lukas
Uncontrolled Keywords: Advertising, Periklanan, Content Writer, Storyboard, Tagline, Brand Awareness
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Polimedia Jakarta > Jurusan Penerbitan > Prodi Periklanan
Depositing User: Exally Rara Kinanti
Date Deposited: 18 Aug 2023 03:54
Last Modified: 18 Aug 2023 03:54
URI: http://repository.polimedia.ac.id/id/eprint/5100

Actions (login required)

View Item
View Item