PERAN PRODUSER DALAM MENDESAIN PROGRAM TV TAPING SITUASI KOMEDI "SIAP ADA MERTUA"

Sofiannisa, Lulu (2023) PERAN PRODUSER DALAM MENDESAIN PROGRAM TV TAPING SITUASI KOMEDI "SIAP ADA MERTUA". Diploma thesis, Politeknik Negeri Media Kreatif.

[thumbnail of Judul] Text (Judul)
Preliminary_20320060.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (573kB)

Abstract

ABSTRAK
"Siap Ada Mertua" adalah program drama situasi komedi tentang lika-liku
hubungan antara menantu, mertua dan anak. Banyaknya program komedi yang
tidak sesuai standar dan tidak lagi menghibur menjadi permasalahan dibuatnya
program ini. Selain ingin menayangkan program dengan premis yang berhubungan
dengan banyak orang, penulis juga menemukan sulitnya membuat desain program
dan strategi kreatif untuk program komedi. Dari permasalahan tersebut, penulisan
ini bertujuan untuk mengetahui dan membuat karya yang mampu menerapkan
sebuah cara kreatif dalam mendesain program TV sesuai dengan teori 13 Strategi
Kreatif sebagai tinjauan pustaka. Metode pelaksanaan yang digunakan adalah
metode deskriptif digunakan pada data/objek penulisan, teknik pengumpulan data,
ruang lingkup serta langkah kerja. Oleh karena itu, untuk membuat sebuah program
drama situasi komedi yang berkualitas, lucu, layak tonton serta menghibur dengan
konsep yang memiliki ciri khas, diperlukan sebuah desain program dari seorang
produser dan strategi kreatif yang harus diterapkan baik dalam tahap pra produksi,
produksi dan pasca produksi.
Kata Kunci : Program Televisi, Komedi, Sitkom, Keluarga, Tapping,
Produser.
"Siap Ada Mertua" is a situational comedy drama program that revolves around
the intricacies of the relationships between in-laws, parents, and children. The
proliferation of comedy programs that do not meet the expected standards and no
longer entertain has become an issue that prompted the creation of this program.
Besides aiming to broadcast a program with a premise that resonates with a broad
audience, the writer also encountered challenges in designing the program and
formulating creative strategies for the comedy show. In light of these issues, this
writing aims to explore and create a work that can implement a creative approach
in designing TV programs, drawing upon the theoretical framework of the 13
Creative Strategies as the literature review. The chosen method of execution for
this endeavor is a descriptive approach, applied to the data/object of this writing,
data collection techniques, scope, and work steps. Therefore, to create a high�quality, amusing, enjoyable, and distinctive situational comedy drama program, a
program design by a producer and creative strategies need to be implemented
effectively throughout the pre-production, production, and post-production phases.
Keywords: Television Program, Comedy, Sitcom, Family, Tapping, Producer

Item Type: Thesis (Diploma)
Additional Information: 1. Dr. Rahmat Edi Irawan, S.Pd., M.I.kom. 2. Laelatul Pathia, M.I.kom.
Uncontrolled Keywords: Program Televisi, Komedi, Sitkom, Keluarga, Tapping, Produser.
Subjects: A General Works > AS Academies and learned societies (General)
H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform
H Social Sciences > HQ The family. Marriage. Woman
L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
T Technology > TR Photography
Divisions: Polimedia Jakarta > Jurusan Penerbitan > Prodi Penyiaran
Depositing User: Lulu Sofiannisa
Date Deposited: 16 Aug 2023 06:36
Last Modified: 16 Aug 2023 06:36
URI: http://repository.polimedia.ac.id/id/eprint/5170

Actions (login required)

View Item
View Item