PERANCANGAN DAN PEMBUATAN KONTEN INSTAGRAM INDOZONE LIFE UNTUK MENINGKATKAN EKUITAS MEREK INDOZONE.ID

Alyssa Az' Zukhruf, Pocut (2023) PERANCANGAN DAN PEMBUATAN KONTEN INSTAGRAM INDOZONE LIFE UNTUK MENINGKATKAN EKUITAS MEREK INDOZONE.ID. Diploma thesis, Politeknik Negeri Media Kreatif.

[thumbnail of PERANCANGAN DAN PEMBUATAN KONTEN INSTAGRAM INDOZONE LIFE UNTUK MENINGKATKAN EKUITAS MEREK INDOZONE.ID] Text (PERANCANGAN DAN PEMBUATAN KONTEN INSTAGRAM INDOZONE LIFE UNTUK MENINGKATKAN EKUITAS MEREK INDOZONE.ID)
PRELIMINARY_20330109.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (205kB)

Abstract

The ease of communicating and obtaining information from various parts of the world makes the internet a part of modern life. Almost all children, youth, and adults of all ages use the internet to access social media, online media, and so on. Many online media use Instagram to upload news and articles with the aim of reaching more readers and increasing audience engagement, one of which is Indozone.id. Due to the large number of similar competitors with the same target audience, @indozone.id needs to increase brand equity by creating an Instagram account @indozonelife. However, @indozonelife's content is still not optimal, therefore it is necessary to design and create content. With the writing of this Final Project, the author designs and creates Instagram Reels content to increase brand equity by using the supporting theory of the issues raised, namely the creative process, brand equity, STP, competitor analysis, SWOT, and AISAS. In addition, there are data collection methods used, namely by conducting observations, literature studies, online data searches, and interviews. The success that can be seen from the creation of positive interactions on top content with 218 thousand viewers, 3,533 likes, 55 comments, and 41 shares.

Kemudahan dalam melakukan komunikasi dan memperoleh informasi dari berbagai belahan dunia menjadikan internet sebagai bagian dari kehidupan modern. Hampir semua anak anak, remaja, dan orang dewasa dari segala usia menggunakan internet untuk mengakses media sosial, media online, dan lain-lainnya. Banyak media online yang menggunakan Instagram untuk mengunggah berita maupun artikelnya dengan tujuan dapat menjangkau lebih banyak pembaca dan meningkatkan keterlibatan audiens, salah satunya Indozone.id. Banyaknya kompetitor yang serupa dengan target audiens yang sama, membuat @indozone.id perlu meningkatkan ekuitas merek dengan membuat akun Instagram @indozonelife. Namun, konten @indozonelife masih kurang maksimal, oleh karena itu diperlukan perancangan dan pembuatan konten. Dengan penulisan Tugas Akhir ini, penulis merancang dan membuat konten Instagram Reels untuk meningkatkan ekuitas merek dengan menggunakan teori pendukung masalah yang diangkat yaitu proses kreatif, ekuitas merek, STP, analisis kompetitor, SWOT, dan AISAS. Selain itu terdapat metode pengumpulan data yang digunakan yaitu dengan melakukan observasi, studi pustaka, penelusuran data online, dan wawancara. Adapun keberhasilan yang dapat dilihat dari terciptanya interaksi yang positif pada konten teratas dengan 218 ribu penonton, 3.533 yang menyukai, 55 komentar, dan 41 yang membagikan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Additional Information: Pembimbing I: Hawa Asma Ul Husna, M.Hum. Pembimbing II: Sartika Ekadyasa, M.I.Kom.
Uncontrolled Keywords: Social Media, Indozone, Content, Creative Process, Brand Equity Media Sosial, Indozone, Konten, Proses kreatif, Ekuitas Merek
Subjects: A General Works > AS Academies and learned societies (General)
Divisions: Polimedia Jakarta > Jurusan Penerbitan > Prodi Periklanan
Depositing User: Pocut Alyssa Az’ Zukhruf
Date Deposited: 16 Aug 2023 06:48
Last Modified: 16 Aug 2023 06:48
URI: http://repository.polimedia.ac.id/id/eprint/5185

Actions (login required)

View Item
View Item