Perancangan Kemasan Sebagai Media Promosi UMKM Keripik Ubi Kriput

Fransiska Manik, Kristina (2023) Perancangan Kemasan Sebagai Media Promosi UMKM Keripik Ubi Kriput. Diploma thesis, Politeknik Negeri Media Kreatif.

[thumbnail of Perancangan Kemasan Sebagai Media Promosi UMK Keripik Ubi Kriput] Text (Perancangan Kemasan Sebagai Media Promosi UMK Keripik Ubi Kriput)
Tugas Akhir Program Studi Desain Grafis Konsentrasi Periklanan 2023 Kristina Fransiska Manik.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (2MB)

Abstract

There are many MSMEs in Medan City, ranging from food, services, crafts, fashion and so on. One of the MSMEs engaged in the food sector is Kriput cassava chips, which is located at Jl. Gaharu No. 1Y Medan. This business produces cassava chips with Mandailing chili sauce flavor, where the primary packaging still uses PP (Poly Propylene) mica plastic material. In this problem, it is necessary to design packaging to show product information and as a promotional media for Kriput cassava chips MSME products. This packaging design uses data collection techniques in the form of observations, interviews, and literature studies. Packaging design for Kriput cassava chips MSMEs produces a standing pouch packaging design with a size of 18 cm x 29 cm with a more modern and attractive appearance with mascots and detailed elements on the packaging providing more complete product information compared to the initial packaging. The printout of the new packaging design of 100 examplers was used as a sales trial sample and it was found that sales had increased. In addition, promotion through social media on Instagram reels also helped promote this product. So it can be concluded that packaging is very influential as a product promotion media, especially MSME products.
Keywords: Design, Packaging, Kriput Sweet Potato Chips MSME, Promotional Media

UMKM yang terdapat di Kota Medan terbilang sangat banyak, mulai dari bidang pangan, jasa, kerajinan, fashion dan lain sebagainya. Salah satu UMKM yang bergerak dibidang pangan yaitu, keripik ubi Kriput yang beralamat di Jl. Gaharu No. 1Y Medan. Usaha ini memproduksi keripik ubi dengan rasa sambal Mandailing, dimana kemasan primernya masih menggunakan bahan plastik mika PP (Poly Propylene). Pada masalah ini perlu adanya perancangan kemasan untuk menampilkan informasi produk serta sebagai media promosi produk UMKM keripik ubi Kriput. Perancangan desain kemasan ini menggunakan teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dan studi pustaka. Perancangan kemasan untuk UMKM keripik ubi Kriput menghasilkan rancangan kemasan berbentuk standing pouch dengan ukuran 18 cm x 29 cm dengan tampilan yang lebih modern dan menarik dengan maskot serta detail elemen-elemen pada kemasan memberikan informasi produk yang lebih lengkap dibandingkan dengan kemasan awal. Hasil cetak rancangan kemasan baru sebanyak 100 eksampler digunakan sebagai sampel uji coba penjualan dan ditemukan bahwa penjualan mengalami kenaikan. Selain itu promosi melalui media sosial pada reel instagram juga membantu promosi produk ini. Sehingga dapat disimpulkan bahwa kemasan sangat berpengaruh sebagai media promosi produk terutama produk UMKM.
Kata Kunci: Perancangan, Kemasan, UMKM Keripik Ubi Kriput, Media Promosi

Item Type: Thesis (Diploma)
Additional Information: Pembimbing I: Ika Agustina, S.Pd., M.Hum Pembimbing II: Reniwati Lubis, SE., M.Pd
Uncontrolled Keywords: Design, Packaging, Kriput Sweet Potato Chips MSME, Promotional Media
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
N Fine Arts > NC Drawing Design Illustration
Divisions: Polimedia Medan > Prodi Periklanan
Depositing User: Kristina Fransiska Manik
Date Deposited: 21 Aug 2023 07:07
Last Modified: 21 Aug 2023 07:07
URI: http://repository.polimedia.ac.id/id/eprint/5520

Actions (login required)

View Item
View Item