Perancangan feed Instagram UMKM Warung Karung Sebagai Sarana Promosi Penjualan

Novita Anastasha Gultom, Grace (2023) Perancangan feed Instagram UMKM Warung Karung Sebagai Sarana Promosi Penjualan. Diploma thesis, Politeknik Negeri Media Kreatif.

[thumbnail of PERANCANGAN FEED INSTAGRAM UMKM WARUNG KARUNG SEBAGAI SARANA PROMOSI PENJUALAN] Text (PERANCANGAN FEED INSTAGRAM UMKM WARUNG KARUNG SEBAGAI SARANA PROMOSI PENJUALAN)
Soft File TA Grace.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (898kB)

Abstract

Dalam era teknologi saat ini, banyak pebisnis, terutama di sektor kuliner, mengandalkan internet dan media sosial sebagai alat untuk menjalankan bisnis mereka. Salah satu platform yang populer adalah Instagram, yang memungkinkan para pebisnis kecil untuk mempromosikan produk mereka dan berinteraksi langsung dengan calon konsumen. Namun, masih ada banyak usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) yang belum memanfaatkan potensi media sosial ini, seperti Warung Karung. Warung Karung adalah sebuah warung makan yang belum memanfaatkan media sosial sebagai media promosi dan memiliki pertumbuhan pelanggan yang lambat. Tujuan penulisan ini adalah untuk merancang feed Instagram UMKM Warung Karung sebagai sarana promosi penjualan dan mengetahui visualisasi feed Instagram sebagai media promosi Warung Karung. Teknik pengumpulan data dengan cara observasi, wawancara dan studi kepustakaan. Dengan langkah kerja praproduksi melakukan riset dan membuat rancangan feed Instagram, produksi melakukan pemotretan menu, edit foto, mendesain, menyusun tata letak feed Instagram, pascaproduksi melakukan review dan revisi desain kemudian posting. Hasil dari penulisan ini berupa feed Instagram dengan 9 postingan yang di desain menggunakan aplikasi Canva dan software Photoshop.

In the current technological era, many business people, especially in the culinary sector, rely on the internet and social media as a tool to run their business. One popular platform is Instagram, which allows small businesses to promote their products and interact directly with potential customers. However, there are still many micro, small and medium enterprises (MSMEs) that have not utilized the potential of this social media, such as Warung Karung. Warung Karung is a food stall that has not utilized social media as a promotional medium and has slow customer growth. The purpose of this writing is to design the UMKM Warung Karung Instagram feed as a means of sales promotion and to know the visualization of the Instagram feed as a media for Warung Karung promotion. Data collection techniques by way of observation, interviews and literature study. With the pre-production work steps doing research and designing Instagram feeds, production doing menu shooting, photo editing, designing, arranging Instagram feed layouts, post-production reviewing and revising designs then posting. The result of this writing is an Instagram feed with 9 posts designed using the Canva application and Photoshop software.

Item Type: Thesis (Diploma)
Additional Information: 1. Raju Gobal, SE. MM 2. Ika Agustina, S.Pd., M. Hum
Uncontrolled Keywords: Kata kunci: Bisnis, Internet, feed Instagram, UMKM Warung Karung
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Polimedia Medan > Prodi Periklanan
Depositing User: Grace Novita Anastasha Gultom
Date Deposited: 11 Sep 2023 07:37
Last Modified: 11 Sep 2023 07:37
URI: http://repository.polimedia.ac.id/id/eprint/5684

Actions (login required)

View Item
View Item