PERANCANGAN LOGO UMKM TANAMAN HIAS BU FAIZA SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN BRAND AWARENESS

Qurnia Ramadhani, Annisa (2023) PERANCANGAN LOGO UMKM TANAMAN HIAS BU FAIZA SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN BRAND AWARENESS. Diploma thesis, Politeknik Negeri Media Kreatif.

[thumbnail of Judul] Text (Judul)
Annisa Qurnia Ramadhani_Preliminary.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (1MB)

Abstract

Ornamental Plants Mrs. Faiza is a UMKM that has just been established in Makassar City and is engaged in the cultivation of Ornamental Plants. One of the ways to maintain a business in an increasingly advanced and rapid era with growing market competition is to create a brand image/logo. Logos generally have become a necessity for every business actor so that their business can be recognized and makes it easier for consumers to differentiate a product. Likewise Bu Faiza's Ornamental Plants UMKM which is a business of producing various kinds of Ornamental Plants. However, Ms. Faiza's Ornamental Plants do not yet have a brand image/logo. This business is also only known by the community in a small scope. Promotions are carried out only by word of mouth, and orders are via whatsapp or visiting directly to the sales location. Based on this, it can be said that this Ornamental Plants business requires an identity or Logo to be able to compete in the business world, and increase brand awareness in the minds of the public. The design method is by conducting literature studies, interviews, direct observation, questionnaires, and developing visual concepts through mind maps and moodboards. Then carry out the process of logo design to application in promotional media. The end result of this design will create an identity that can create a strong visual character from Ms. Faiza's Ornamental Plants UMKM which can be distinguished from other business fields.

Tanaman Hias Bu Faiza merupakan UMKM yang baru berdiri di Kota Makassar dan bergerak di bidang budidaya Tanaman Hias. Salah satu cara untuk mempertahankan usaha di era yang semakin maju dan pesat dengan persaingan pasar yang semakin berkembang adalah dengan menciptakan brand image/logo. Logo umumnya sudah menjadi kebutuhan bagi setiap pelaku usaha agar usaha mereka dapat dikenal dan memudahkan konsumen dalam membedakan suatu produk. Begitu pula UMKM Tanaman Hias Bu Faiza yang merupakan usaha produksi berbagai macam Tanaman Hias. Akan tetapi, UMKM Tanaman Hias Bu Faiza ini belum memiliki brand image/logo. Usaha ini juga hanya dikenal oleh masyarakat dalam ruang lingkup kecil. Promosi yang dilakukan hanya dari mulut ke mulut, dan pemesanannya melalui whatsapp atau berkunjung langsung ke lokasi penjualan. Berdasarkan hal tersebut, maka dapat dikatakan bahwa usaha Tanaman Hias ini membutuhkan sebuah identitas atau Logo untuk dapat bersaing dalam dunia bisnis, dan meningkat brand awareness dibenak masyarakat. Metode perancangan yaitu dengan melakukan studi pustaka, wawancara, observasi langsung, kuisioner, serta pengembangan konsep visual melalui mind map dan moodboard. Kemudian melakukan proses desain logo hingga pengaplikasian di media promosi. Hasil akhir dari perancangan ini akan menciptakan suatu identitas yang dapat menciptakan suatu karakter visual yang kuat dari UMKM Tanaman Hias Bu Faiza yang dapat dibedakan dengan bidang usaha lainnya.

Item Type: Thesis (Diploma)
Additional Information: 1. Yayah Nurasiah, M. Pd. (Pembimbing I) 2. Adi Iryanto., M.Sn (Pembimbing II)
Uncontrolled Keywords: Logo, Identitas, Merek, Kesadaran Merek, Logo, Identity, Branding, Brand Awareness
Subjects: N Fine Arts > NC Drawing Design Illustration
Divisions: Polimedia Jakarta > Jurusan Desain > Prodi Desain Grafis
Depositing User: Annisa Qurnia Ramadhani
Date Deposited: 02 Oct 2023 04:34
Last Modified: 02 Oct 2023 04:34
URI: http://repository.polimedia.ac.id/id/eprint/5826

Actions (login required)

View Item
View Item