Pembuatan Konten Kreatif pada Platform Instagram sebagai Media Promosi Cluster Setu Babakan

Mujahidah, Shofiya (2023) Pembuatan Konten Kreatif pada Platform Instagram sebagai Media Promosi Cluster Setu Babakan. Diploma thesis, Politeknik Negeri Media Kreatif.

[thumbnail of PEMBUATAN KONTEN KREATIF PADA PLATFORM INSTAGRAM SEBAGAI MEDIA PROMOSI CLUSTER SETU BABAKAN] Text (PEMBUATAN KONTEN KREATIF PADA PLATFORM INSTAGRAM SEBAGAI MEDIA PROMOSI CLUSTER SETU BABAKAN)
PRELIMINARY_20330140.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (361kB)

Abstract

Increasing public demand for housing has resulted in increased opportunities for property developers and sellers. Al Fazza Property is one of the developers who want to promote their residential property project called Cluster Setu Babakan. However, the absence of the use of social media is an obstacle. So that creative content is needed to fill in the new @clustersetubabakan Instagram account which can attract attention and introduce the Cluster Setu Babakan. For this reason, the authors work on creating creative content based on data collected through observation during industrial practices and supported by literature reviews and interviews. Based on these data, the author conducts analysis with competitors using SWOT, discusses content, takes photos and videos of housing, conducts content research, looks for inspiration, executes, uploads it to Instagram, boost ads, and provides reports on content performance results. So that the results of the work are obtained in the form of reels and carousel content by applying the AISAS method. Through creative content that has filled Instagram @clustersetubabakan, the Cluster Setu Babakan is becoming increasingly known, easy to find, and attracts more people asking directly.

Meningkatnya permintaan masyarakat terhadap hunian rumah mengakibatkan meningkatnya juga peluang bagi para pengembang dan penjual properti. Al Fazza Property merupakan salah satunya pengembang yang ingin mempromosikan proyek properti perumahan mereka bernama Cluster Setu Babakan. Namun belum adanya pemanfaatan media sosial menjadi kendala. Sehingga dibutuhkan adanya konten kreatif untuk mengisi akun Instagram baru @clustersetubabakan yang dapat menarik perhatian serta mengenalkan Cluster Setu Babakan. Untuk itu penulis mengerjakan pembuatan konten kreatif berdasarkan data yang dikumpulkan melalui observasi selama melaksanakan praktik industri serta didukung tinjauan pustaka dan wawancara. Berdasarkan data-data tersebut penulis melakukan analisis dengan kompetitor menggunakan SWOT, mendiskusikan konten, mengambil foto dan video perumahan, melakukan riset isi konten, mencari inspirasi, mengeksekusi, mengunggahnya ke Instagram, memasang iklan, sampai memberikan laporan hasil kinerja konten. Sehingga didapatkan hasil pekerjaan berupa konten reels dan carousel dengan menerapkan metode AISAS. Melalui konten kreatif yang telah mengisi Instagram @clustersetubabakan, Cluster Setu Babakan menjadi semakin dikenal, mudah ditemukan, dan menarik lebih banyak orang bertanya langsung.

Item Type: Thesis (Diploma)
Additional Information: Pembimbing I: Zaenab, S.S., M.Si. Pembimbing II: Maya Puspita Dewi, M.M.
Uncontrolled Keywords: konten kreatif, Instagram, promosi, periklanan, properti
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Polimedia Jakarta > Jurusan Penerbitan > Prodi Periklanan
Depositing User: Shofiya Mujahidah
Date Deposited: 29 Aug 2023 08:25
Last Modified: 29 Aug 2023 08:25
URI: http://repository.polimedia.ac.id/id/eprint/6032

Actions (login required)

View Item
View Item