PERANCANGAN DESAIN VISUAL PADA TAMPILAN IKLAN ADVERTORIAL INSTAGRAM @INDOZONE.ID DALAM MEMPERTAHANKAN BRAND IMAGE

Fatchurahman Rahardiawan, Ahmad (2023) PERANCANGAN DESAIN VISUAL PADA TAMPILAN IKLAN ADVERTORIAL INSTAGRAM @INDOZONE.ID DALAM MEMPERTAHANKAN BRAND IMAGE. Diploma thesis, Politeknik Negeri Media Creatief.

[thumbnail of PERANCANGAN DESAIN VISUAL PADA TAMPILAN IKLAN ADVERTORIAL INSTAGRAM @INDOZONE.ID DALAM MEMPERTAHANKAN BRAND IMAGE] Text (PERANCANGAN DESAIN VISUAL PADA TAMPILAN IKLAN ADVERTORIAL INSTAGRAM @INDOZONE.ID DALAM MEMPERTAHANKAN BRAND IMAGE)
Preliminary_20330009.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (2MB)

Abstract

Graphic design can be explained as the application of artistic and communication skills for business or advertising purposes. Graphic design also needs to be used to improve the visual appearance of an image/content, for example, advertorials. Advertorial advertising is a form of advertising that is presented using a journalistic writing style. The most accessed source of information in 2020, Instagram is the choice of the younger generation in accessing news on social media. PT. Indozone Media Indonesia is a company engaged in digital news media that targets generation Z and Millennials, starting from the news content presented and easy-to-understand visuals. In carrying out this Final Project, the author will describe the work process of a Graphic Designer in making Instagram advertorial advertisements @indozone.id. The theory used is AIDA, which can assist writers in developing and conveying the contents of the message in the content. In the process of making the design, the author uses software to design, namely Adobe Photoshop, to create a visual appearance. In making a good and structured design, it is a design that fits the workflow, and the message conveyed is successfully understood by the readers/audience.

Desain grafis dapat dijelaskan sebagai penerapan dari keterampilan seni dan komunikasi untuk keperluan bisnis atau periklanan. Desain grafis juga perlu digunakan untuk memperbaiki tampilan visual pada sebuah gambar/konten, pada iklan advertorial contohnya. Iklan advertorial merupakan bentuk periklanan yang disajikan menggunakan gaya penulisan jurnalistik. Sumber informasi yang banyak diakses pada tahun 2020 instagram menjadi pilihan generasi muda dalam mengakses berita dimedia sosial. PT. Indozone Media Indonesia merupakan perusahaan yang bergerak dibidang media berita digital yang mentargetkan generasi Z dan Millenials mulai dari isi berita yang disajikan dan tampilan visual yang mudah dipahami. Dalam pelaksanaan Tugas Akhir ini penulis akan mendeksripsikan proses kerja seorang Graphic Design pada pembuatan tampilan iklan advertorial Instagram @indozone.id. Teori yang digunakan adalah AIDA yang dimana bisa membantu penulis dalam mengembangkan dan menyampaikan isi dari pesan dikonten tersebut. Dalam proses pembuatan desain tersebut penulis menggunakan software untuk mendesain, yaitu adobe photoshop dalam membuat tampilan visual. Pada pembuatan desain yang baik dan terstruktur merupakan desain yang sesuai dengan alur kerja dan pesan yang disampaikan berhasil dipahami oleh para pembaca / audience.

Item Type: Thesis (Diploma)
Additional Information: Pembimbing 1 : Anindita Budi Astuti, SE.,MM Pembimbing 2 : RR. Bramayanti Krismasakti, S.Sos., M.Si
Uncontrolled Keywords: Tampilan Visual, Desain Grafis, Media sosial
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Polimedia Jakarta > Jurusan Penerbitan > Prodi Periklanan
Depositing User: Ahmad Fatchurahman Rahardiawan
Date Deposited: 21 Aug 2023 08:35
Last Modified: 21 Aug 2023 08:35
URI: http://repository.polimedia.ac.id/id/eprint/6094

Actions (login required)

View Item
View Item