Penerapan Strategi STP Berdasarkan Kemasan pada Bisnis UMKM Lehan Olahan Lele dan Susu Kambing Mon Bubhouh

Alia Nurussani, Shafira (2023) Penerapan Strategi STP Berdasarkan Kemasan pada Bisnis UMKM Lehan Olahan Lele dan Susu Kambing Mon Bubhouh. Diploma thesis, Politeknik Negri Media Kreatif.

[thumbnail of Penerapan Strategi STP Berdasarkan Kemasan pada Bisnis UMKM Lehan Olahan Ikan Lele dan Susu Kambing Mon Bubhouh] Text (Penerapan Strategi STP Berdasarkan Kemasan pada Bisnis UMKM Lehan Olahan Ikan Lele dan Susu Kambing Mon Bubhouh)
Penerapan strategi STP TA shafira alia.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (1MB)

Abstract

The implementation of STP (Segmentation, Targeting, and Positioning) is of great importance because by applying STP in UMKM businesses they can more easily determine and position the products they will sell. In the UMKM under ther supervision of Human Initiative, the product Lehan and Mon Bubhouh do not yet have an STP strategy iin their marketing techniques. Despite both UMKM having tremendous potential. STP applied in packaging, the research method used is an open questionnaire. Distributed to 25 respondents from each branch office of Human Initiative in Aceh and Riau. It is hoped that thought the implementatuion os this research, UMKM can more easily indetify the target market and understand the extent of the significant influence of STP implementation in packaging.
Keywords: STP in UMKM, Re-branding product, Segmentation, UMKM

Pengunaan STP sangat penting, karena dengan dengan menerapkan STP dalam bisnis umkm. Pelaku umkm dapat lebih mudah dalam menentukan dan memposisikan produk yang akan mereka jual. Pada umkm dibawah binaan Human Initiative produk Lehan dan Susu Kambing Mon Bubhouh belum memiliki strategi STP dalam Teknik pemasarannya, padahal kedua umkm tersebut memiliki potensi sangat besar. Maka dari itu penelitian ini dilakukan dengan tujuan mengetahui pengaruh dari penggunaan STP yang di terapkan dalam kemasan. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuesioner terbuka, penyebaran kuesioner ini dilakukan kepada 25 responden dari masing-masing kantor cabang HI Aceh dan Riau. Diharapkan dengan di adakannya penelitian ini, mitra umkm bisa lebih mudah mengetahui target pasar yang akan dituju, dan mitra umkm bisa mengetahui bagimana pengaruh besar dari penerapan STP dalam kemasan.
Kata kunci: STP pada UMKM, Re-Branding produk, Segmentasi, UMKM

Item Type: Thesis (Diploma)
Additional Information: 1. M. Yunus Fitriady, S.E., M.M. 2. Dimas Bayu Pinandoyo, S.Si., M.Sc.
Uncontrolled Keywords: STP in UMKM, Re-branding product, Segmentation, UMKM STP pada UMKM, Re-Branding produk, Segmentasi, UMKM
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
L Education > LG Individual institutions (Asia. Africa)
Divisions: Polimedia Jakarta > Jurusan Teknik Grafika > Prodi Teknik Kemasan
Depositing User: Shafira Alia Nurussani
Date Deposited: 31 Aug 2023 04:12
Last Modified: 31 Aug 2023 04:12
URI: http://repository.polimedia.ac.id/id/eprint/6162

Actions (login required)

View Item
View Item