PEMBUATAN APLIKASI AUGMENTED REALITY BERBASIS ANDROID SEBAGAI MEDIA INFORMASI PENGENALAN KOMPETENSI KEAHLIAN SMK AN-NURMANIYAH

Ainiliya, Fathia (2022) PEMBUATAN APLIKASI AUGMENTED REALITY BERBASIS ANDROID SEBAGAI MEDIA INFORMASI PENGENALAN KOMPETENSI KEAHLIAN SMK AN-NURMANIYAH. Diploma thesis, Politeknik Negeri Media Kreatif.

[thumbnail of PEMBUATAN APLIKASI AUGMENTED REALITY BERBASIS ANDROID SEBAGAI MEDIA INFORMASI PENGENALAN KOMPETENSI KEAHLIAN SMK AN-NURMANIYAH] Text (PEMBUATAN APLIKASI AUGMENTED REALITY BERBASIS ANDROID SEBAGAI MEDIA INFORMASI PENGENALAN KOMPETENSI KEAHLIAN SMK AN-NURMANIYAH)
Preliminary_19012047.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (1MB)

Abstract

Dalam pengenalan kompetensi keahlian SMK An-Nurmaniyah masih menggunakan media cetak brosur, yang disebarluaskan ke berbagai Sekolah Menengah Pertama (SMP). Brosur yang dibuat hanya berisi informasi gambar dan teks yang dicetak pada selembar kertas, sehingga calon peserta didik tidak dapat melihat informasi secara digital. Berdasarkan hasil observasi dan wawancara penulis ke SMK An-Nurmaniyah, media yang digunakan dalam pengenalan kompetensi keahlian yang dilakukan SMK An-Nurmaniyah masih didominasi dengan brosur dan banner. Brosur memiliki potensi untuk diperkuat dengan media elektronik. Oleh karena itu, penelitian ini memiliki tujuan yaitu menghasilkan aplikasi augmented reality berbasis Android sebagai media informasi pengenalan kompetensi keahlian SMK An-Nurmaniyah. Hasil persentase uji coba dari aplikasi augmented reality ini yaitu sebesar 87% yang menyatakan bahwa aplikasi augmented reality berbasis android sebagai media informasi pengenalan kompetensi keahlian SMK An-Nurmaniyah sudah sangat layak untuk digunakan oleh pengguna smartphone Android.

In introducing the competence of expertise, SMK An-Nurmaniyah still uses brochure print media, which is disseminated to various Junior High Schools (SMP). The brochure that is created only contains image information and text printed on a piece of paper, so that prospective students cannot see the information digitally. Based on the results of the author's observations and interviews to SMK An-Nurmaniyah, the media used in the introduction of expertise competencies carried out by SMK An-Nurmaniyah is still dominated by brochures and banners. Brochures have the potential to be strengthened with electronic media. Therefore, this study has the aim of producing an Android-based augmented reality application as an information medium for introducing the competence of smk An-Nurmaniyah expertise. The results of the percentage of trials of this augmented reality application are 87% which states that android-based augmented reality applications as an information medium for introducing the expertise competencies of SMK An-Nurmaniyah are very suitable for use by Android smartphone users.

Item Type: Thesis (Diploma)
Additional Information: 1. Hafid Setyo Hadi, MT 2. Ince Dian Aprilyani Azir, S.S., M.A
Uncontrolled Keywords: Augmented Reality, Brosur, SMK An-Nurmaniyah
Subjects: A General Works > AS Academies and learned societies (General)
T Technology > T Technology (General)
Divisions: Polimedia Jakarta > Jurusan Desain > Prodi Teknologi Rekayasa Multimedia
Depositing User: Fathia Ainiliya
Date Deposited: 05 Sep 2022 04:48
Last Modified: 05 Sep 2022 04:48
URI: http://repository.polimedia.ac.id/id/eprint/621

Actions (login required)

View Item
View Item