PEMBUATAN APLIKASI AR SEBAGAI MEDIA PENGENALAN TENTANG MANFAAT TANAMAN HERBAL BERBASIS ANDROID

Fiyan, Wahyu Yoga (2022) PEMBUATAN APLIKASI AR SEBAGAI MEDIA PENGENALAN TENTANG MANFAAT TANAMAN HERBAL BERBASIS ANDROID. Diploma thesis, Politeknik Negeri Media Kreatif Jakarta.

[thumbnail of PEMBUATAN APLIKASI AR SEBAGAI MEDIA PENGENALAN TENTANG MANFAAT TANAMAN HERBAL BERBASIS ANDROID] Text (PEMBUATAN APLIKASI AR SEBAGAI MEDIA PENGENALAN TENTANG MANFAAT TANAMAN HERBAL BERBASIS ANDROID)
Preliminary_19012135.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (1MB)

Abstract

Similarly with the ongoing advancement of information technology. Most people still only use the printed media to introduce the health advantages of herbal plants. As a response of the difficulty of herbal plants in urban areas such as Jakarta, teenagers are losing sight of there own existence. According to a questionnaire the author administered, only 10.8% of teenagers are aware of herbal plants. In order to grab the interest of Jakarta's youth, the author introduces it in a novel way by utilizing augmented reality. The author creates an application using UML (Unified Modeling Language) design method with purpose of organizing the workflow required to create apps. The results obtained by the author are an android application that can display information on markers in the form of motion graphics and herbal plant introduction tutorials. The augmented reality herbal plant application is made by entering several main menus such as the Video Options menu, Guide, Info, Marker and Exit menu. The application created has been tested by users using the SUMI usability method (Software Usability Measurement Inventory) with a score of 89.2%. So it can be concluded that all page views and buttons have been functioning properly.

Seiring dengan perkembangan teknologi informasi yang terus maju. Pengenalan manfaat tanaman herbal masih banyak yang hanya menggunakan media cetak sebagai pengenalannya. Tanaman herbal jarang ditemukan di lingkungan perkotaan seperti Jakarta sehingga remaja semakin melupakan eksistensi tanaman herbal, ini dibuktikan dengan kuisioner yang diedarkan penulis hanya 10,8% pengetahuan remaja yang tau tentang tanaman herbal. Maka dari itu, penulis memberikan inovasi baru dalam mengenalkannya dengan menggunakan teknologi augmented reality agar menarik perhatian remaja Jakarta. Penulis disini menggunakan metode perancangan UML (Unified Modeling Language) untuk membangun aplikasi yang harapannya alur kerja pembuatan aplikasi bisa terstruktur. Hasil yang diperoleh penulis ialah sebuah aplikasi android yang dapat menampilkan informasi pada marker dalam bentuk video motion graphic dan tutorial pengenalan tanaman herbal. Aplikasi augmented reality tanaman herbal dibuat dengan memasukan beberapa menu utama seperti menu Pilihan Video, Panduan, Info, Marker dan menu Keluar. Aplikasi yang dibuat telah diuji pengguna menggunakan metode usability SUMI (Software Usability Measurement Inventory) dengan skor 89,2%. Sehingga dapat disimpulkan bahwa semua tampilan halaman dan tombol telah berfungsi dengan baik.

Item Type: Thesis (Diploma)
Additional Information: 1. Sari Setyaning Tyas, M.Ti 2. Yuyun Khairunisa, S.Si., M.Kom
Uncontrolled Keywords: Tanaman Herbal, Aplikasi, Android, Augmented Reality
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Polimedia Jakarta > Jurusan Desain > Prodi Teknologi Rekayasa Multimedia
Depositing User: Wahyu Yoga Fiyan
Date Deposited: 05 Sep 2022 04:46
Last Modified: 05 Sep 2022 04:46
URI: http://repository.polimedia.ac.id/id/eprint/623

Actions (login required)

View Item
View Item