ANALISIS STRATEGI PEMASARAN PADA HOTEL VERTU JAKARTA DALAM UPAYA MENINGKATKAN JUMLAH PENGUNJUNG PASCA PANDEMI COVID-19

Fauzan Ramadhan, Muhammad (2023) ANALISIS STRATEGI PEMASARAN PADA HOTEL VERTU JAKARTA DALAM UPAYA MENINGKATKAN JUMLAH PENGUNJUNG PASCA PANDEMI COVID-19. Diploma thesis, Politeknik Negeri Media Kreatif.

[thumbnail of ANALISIS STRATEGI PEMASARAN PADA HOTEL VERTU JAKARTA DALAM UPAYA MENINGKATKAN JUMLAH PENGUNJUNG PASCA PANDEMI COVID-19] Text (ANALISIS STRATEGI PEMASARAN PADA HOTEL VERTU JAKARTA DALAM UPAYA MENINGKATKAN JUMLAH PENGUNJUNG PASCA PANDEMI COVID-19)
Preliminary_19070031.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (550kB)

Abstract

The COVID-19 pandemic has severely affected the hotel sector due to the government's travel restrictions resulting in a decrease in the number of visitors at hotels. Based on the Central Statistics Agency (BPS), the Room Occupancy Rate (TPK) of star hotels in Jakarta in April 2022 experienced a significant decrease of 6.9%. From these data, the same thing was felt by Vertu Hotel Jakarta. They also carry out various marketing activities such as offering promo packages for local tourists and improving hotel cleanliness. This is a form of effort made in order to increase the number of visitors. After the presidential decisioon the end of the Covid-19 pandemic on June 21, 2023, the hotel sector resumed its activities by preparing hotels so that potential customers could return to meetings and stay at Vertu Hotel Jakarta comfortably. But the end of the COVID-19 pandemic has made it challenging for the hotel sector to carry out marketing in the post COVID-19 pandemic, so hotels need to conduct a strategy marketing analysis to determine the strategy to be used after the COVID-19 pandemic. The marketing strategy method that can be used is by SWOT analysis, with SWOT analysis hotels can find out strengths and weaknesses and take advantage of opportunities and minimize threats.

Pandemi COVID-19 sangat mempengaruhi sektor perhotelan akibat pembatasan perjalanan pemerintah yang mengakibatkan penurunan jumlah pengunjung di hotel, Berdasarkan Badan Pusat Statistik (BPS), Tarif Penghunian Kamar (TPK) hotel berbintang di Jakarta pada April 2022 mengalami penurunan signifikan sebesar 6,9%. Dari data tersebut, hal yang sama juga dirasakan oleh Hotel Vertu Jakarta. Dalam upaya mempertahankan bisnis mereka juga melakukan berbagai kegiatan pemasaran seperti menawarkan paket promo untuk wisatawan lokal dan meningkatkan kebersihan hotel. Hal ini merupakan bentuk upaya yang dilakukan dalam rangka meningkatkan jumlah pengunjung. Setelah keputusan presiden berakhirnya pandemi Covid-19 pada 21 Juni 2023, sektor perhotelan kembali melanjutkan aktivitasnya dengan menyiapkan hotel agar calon pelanggan dapat kembali meeting dan menginap di Vertu Hotel Jakarta dengan nyaman. Berakhirnya pandemi COVID-19 telah memberikan tantangan bagi sektor perhotelan untuk melakukan pemasaran di pasca pandemi COVID-19, sehingga hotel perlu melakukan analisis strategi pemasaran untuk menentukan strategi yang akan digunakan pasca pandemi COVID-19. Metode strategi pemasaran yang dapat digunakan adalah dengan analisis SWOT, dengan analisis SWOT hotel dapat mengetahui kekuatan dan kelemahan serta memanfaatkan peluang dan meminimalkan ancaman.

Item Type: Thesis (Diploma)
Additional Information: 1. Akhmad Guntawan, S.S., M.Pd 2. Fristi Bellia Annishia, Skm, M.par, M.m
Uncontrolled Keywords: Strategi Pemasaran, Hotel Vertu, Jumlah Pengunjung, Pasca Pandemi
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Polimedia Jakarta > Jurusan Pariwisata > Prodi Pengelolaan Perhotelan
Depositing User: Muhammad fauzan ramadhan
Date Deposited: 01 Sep 2023 08:40
Last Modified: 01 Sep 2023 08:40
URI: http://repository.polimedia.ac.id/id/eprint/6409

Actions (login required)

View Item
View Item