PERANCANGAN ILUSTRASI BERBASIS AUGMENTED REALITY PADA CEK KOPI BELAKANG

Handoko, Surya (2023) PERANCANGAN ILUSTRASI BERBASIS AUGMENTED REALITY PADA CEK KOPI BELAKANG. Diploma thesis, Politeknik Negeri Media Kreatif.

[thumbnail of PERANCANGAN ILUSTRASI BERBASIS AUGMENTED REALITY PADA CEK KOPI BELAKANG] Text (PERANCANGAN ILUSTRASI BERBASIS AUGMENTED REALITY PADA CEK KOPI BELAKANG)
Surya Handoko Repository.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (3MB)

Abstract

ABSTRACT

Cek Kopi Belakang Cafe is currently developing its visual illustrations so that they can become a business quality that differentiates it from competitors and attracts a wider audience. This design was made to make merchandise for the Cek Kopi Belakang Cafe. An attractive visual illustration display can be the center of attention, which is able to give the impression the first time that Cek Kopi Belakang consumers want to subscribe. A careful design is needed to make the visual appearance of the illustrations packaged as attractive and unique as possible so that the illustrations look of high quality and can compete with other competitors. So from the formulation of the existing problems, this research has several stages of the process, starting with observation, interviews, and literature study, which are the methods used to collect data. Data collection for this illustration design research was carried out visually so that it could be developed as a concept adapted to the data. With this design, the Cek Kopi Belakang Cafe will have good quality and its own value in terms of illustrations that are consistent with each other. This augmented reality-based illustration will be applied in the form of t-shirts, which are used as merchandise at Cek Kopi Belakang Cafe.

Keywords: illustration, design, augmented reality, merchandise.

ABSTRAK

Kafe Cek Kopi Belakang sedang mengembangkan visual ilustrasinya, sehingga dapat menjadi kualitas bisnis yang membedakannya dari pesaing dan menarik audiens yang lebih luas. Perancangan ini dilakukan untuk membuat merchandise dari kafe Cek Kopi Belakang. Tampilan visual ilustrasi yang menarik dapat menjadi pusat perhatian yang mampu memberikan kesan ketika pertama kali para konsumen Cek Kopi Belakang ingin berlangganan. Perlu suatu perancangan yang matang untuk membuat tampilan visual ilustrasi yang dikemas semenarik mungkin dan unik agar ilustrasi yang dirancang terlihat berkualitas dan dapat bersaing dengan pesaing lainnya. Maka dari rumusan permasalahan yang ada, pada penelitian ini memiliki beberapa tahapan proses dimulai dari observasi, wawancara, dan studi pustaka adalah metode yang digunakan untuk mengumpulkan data. Pengumpulan data dalam penelitian perancangan ilustrasi ini dilakukan secara visual sehingga dapat dikembangkan sebagai suatu konsep yang disesuaikan dengan data. Dengan perancangan ini, kafe Cek Kopi Belakang akan memiliki kualitas yang baik dan nilai tersendiri dari segi ilustrasi yang konsisten satu dengan yang lainnya. Ilustrasi berbasis augmented reality ini akan diterapkan dalam bentuk kaos yang dijadikan sebagai merchandise pada Kafe Cek Kopi Belakang.

Kata Kunci : Ilustrasi, Perancangan, Augmented Reality, Merchandise.

Item Type: Thesis (Diploma)
Additional Information: 1. pembimbing 1 : Dewantoro Lase S.Kom, M.Kom 2. pembimbing 2 : Yusnia Sinambela S.T, M.T
Uncontrolled Keywords: Keywords: illustration, design, augmented reality, merchandise. Kata Kunci : Ilustrasi, Perancangan, Augmented Reality, Merchandise.
Subjects: N Fine Arts > NC Drawing Design Illustration
N Fine Arts > NE Print media
N Fine Arts > NX Arts in general
Divisions: Polimedia Medan > Prodi Desain Grafis
Depositing User: Surya handoko
Date Deposited: 11 Sep 2023 01:57
Last Modified: 11 Sep 2023 01:57
URI: http://repository.polimedia.ac.id/id/eprint/6709

Actions (login required)

View Item
View Item